Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Karena satu hal, saya cukup sering bolak balik Solo - Wonosobo. Jarak dua kota tersebut cukup jauh, sebenarnya bisa saja ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor namun kadang untuk meminimalisir rasa capek akibat mengemudi saya memilih naik kendaraan umum.

Terdapat beberapa pilihan moda transportasi umum untuk rute Solo - Wonosobo. Sejumlah bus AKAP asal Jawa Timur saat ini telah memperluas jangkauannya hingga mencapai Purbalingga, kita dapat memilih naik Eka atau Sugeng Rahayu jurusan Purbalingga yang melalui Wonosobo. Bus-bus AKAP ini cukup nyaman dengan fasilitas standar bus PATAS Jawa Timuran : AC dingin, interior terawat, dan tidak ketinggalan full music Jawa. 

Dari segi harga, saya sudah agak lupa karena sudah lama tidak naik bus ini, namun kalau saya tidak salah ingat saat ini untuk jurusan Solo - Wonosobo sudah tembus di atas 100 ribu rupiah. Kenaikan harga BBM yang kemudian diikuti pandemi Covid-19 berkontribusi mengerek tarif bus, padahal dulu di tahun 2018 untuk rute Solo-Wonobo saya pernah mendapati tarifnya di angka 60 ribu. Bus-bus AKAP Jawa Timuran ini melewati jalur Solo - Jogja - Magelang - Temanggung - Wonosobo. Satu hal yang kurang cocok bagi saya adalah waktu transit di terminal Jogja yang lumayan, 1 jam. Sebenarnya ini masih wajar, transit sekaligus istirahat bagi supir bus. Namun kalau penumpang ingin segera sampai kondisi ini membuat bus AKAP Jawa Timur-an menjadi pilihan kedua.

Pilihan lain yang saat ini lebih sering saya gunakan adalah travel. Pertimbangannya, dengan harga yang tidak terpaut jauh saya tidak perlu transit di Jogja sampai 1 jam. Namun pada kenyataannya, waktu tempuh travel bisa jadi sama seperti bus kalau kondisi jalan sedang ramai.

Layanan travel yang sering saya gunakan adalah Joglose*** yang agennya ada di daerah Keprabon, Solo. Untuk jurusan Solo-Wonosobo harga tarifnya 120 ribu, agak mahal memang, dulu sebelum pandemi harganya 100 ribu.

Travel Joglose*** ini tidak hanya melayani rute Solo - Wonosobo - Purwokerto, ada pula rute Solo - Semarang yang tarifnya (kalau belum naik) 100 ribu. Untuk tujuan Wonosobo dan sekitarnya, terdapat 2 kali pemberangkatan dari Solo yaitu jam 04.30 dan 16.00 WIB. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi (saya belum pernah mencoba) atau dengan menghubungi nomer CS, saya selalu menggunakan cara kedua. Penumpang travel mendapatkan paket snack berisi air minum gelasan dan 1 bungkus roti, bukan jumlah yang cukup sebenarnya namun bisa menjadi pengganjal perut sementara.

Sayangnya untuk ke Wonosobo tidak tersedia pilihan moda transportasi kereta api karena medan pegunungan yang berat, kalau ada rute kereta api tentu akan sangat membantu memangkas waktu tempuh yang biasanya memakan waktu 5-6 jam.

Demikian ulasan singkat saya mengenai pilihan transportasi umum rute Solo - Wonosobo, apabila pembaca menilai artikel ini bermanfaat jangan ragu untuk membagikan tautannya ke teman atau saudara anda

Comments

  1. Alternatif lain adalah dengan bus jurusan Solo - Semarang, turun di terminal Bawen. Kemudian pindah bus jurusan Semarang - Purwokerto dari terminal yang sama.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java