Tips Agar Mudah Bangun Pagi

Bangun pagi di waktu Subuh, atau bahkan sebelum Subuh di sepertiga  malam adalah salah satu hal yang susah dilakukan orang kebanyakan. Bagaimana tidak, sebagian orang menjadi "kalong" yang menjadikan siang sebagai waktu tidur dan malam sebagai waktu bekerja.
Sebenarnya bangun pagi penting banget gaes. Salah pentingnya bangun pagi, ya supaya ga telat Subuhnya. Sudah sering dengar to kalau katanya salah satu tanda kejayaan umat Islam itu kalau jama'ah sholat Subuhnya sebanyak jama'ah sholat Jum'at. Nah apa ga pengen ikutan membangun kejayaan gaes?
Supaya mudah bangun pagi ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebagai berikut :

1. Tidur tidak terlalu malam

Ini penting banget gaes, sebaiknya tidur di awal malam nek pengen luwih marem turune. Misal kalau jam 9 malam sudah tidur, bisa direncanakan tidur 6 jam trus jam 3 pagi udah bangun (segitu sudah cukup banget untuk menikmati tidur). Waktu tidur ideal berapa jam, menurut saya setiap orang punya standar yang berbeda-beda ya, namun demikian ada sebuah prinsip yang bisa dipegang yaitu jangan begadang kalau tiada perlunya menurut bang Haji.

2. Siapkan alarm dan persiapan lainnya
Sebelum tidur sebaiknya berwudhu dulu, kemudian merapikan tempat tidur. Jangan lupa untuk menyetel alarm. Ya ini sebagai bagian dari usaha gaes. Minimal nanti alarmnya bunyi2 gitu dan kita sempat bangun untuk mematikan eh maksudnya ya bangun beneran.

3. Niat
Di sini nih poin utamanya. Ucapkan niat di dalam hati untuk bangun pagi, minta kepada Allah SWT untuk memudahkan bangun tidur. Jangan lupa disebut waktu yang dikehendaki, misalnya di waktu Subuh atau sepertiga malam.

Latih terus setiap hari dan jadikan bangun pagi di awal waktu ini sebagai kebiasaan gaes. Insya Allah, ada kesungguhan ada jalan.

Comments

Post a Comment