UGM Annual Scientific Conference

Untuk memacu publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen, pada tahun 2016 ini UGM melalui Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) mengadakan konferensi internasional. Tidak tanggung-tanggung, ada empat event international conference yang dilaksanakan yaitu :
International Conference on Science and Technology (ICST)
International Conference on Health Sciences (ICHS)
International Conference on Tropical Agriculture (ICTA)
International Conference on South East Asia Studies (ICSEAS)


Keempat event international conference tersebut menjadi satu rangkaian acara dengan tajuk UGM Annual Scientific Conference (UASC) atau konferensi ilmiah tahunan UGM, jadi tidak perlu khawatir jika pada kesempatan kali ini belum bisa ikut karena setiap tahun akan dilaksanakan. Empat event konferensi internasional tersebut memiliki orientasi yang berbeda
ICST untuk penelitian bidang sains dan teknologi,
ICHS untuk penelitian bidang kesehatan,
ICTA untuk penelitian bidang pertanian dan agrikultura,
dan ICSEAS untuk mewadahi penelitian mengenai studi sosial Asia Tenggara.


Saya berkesempatan mengikuti ICST yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2016 di hotel Eastparc Yogyakarta dengan bantuan dari dosen pembimbing saya, bapak Edi Winarko. Bidang penelitian yang diakomodasi pada event ICST meliputi Bio-prospecting, Computer Science, Nanosciences and Chemistry, Physics and Its Applications, dan Geo Maritime.

Biaya registrasi ICST sebesar 2,5 juta rupiah, terbilang mahal untuk mahasiswa, untuk itu sebaiknya meminta bantuan dari universitas. Beberapa universitas memiliki program untuk mendukung publikasi ilmiah, salah satunya di UGM yang menyediakan dana untuk biaya publikasi ke jurnal internasional. Apabila berhasil lolos review dari reviewer, paper yang diajukan akan dipublikasikan di IEEE Explore. Namun apabila belum lolos review, paper akan masuk ke proceeding ICST.

Apa saja yang saya temui pada event tersebut? Tunggu tulisan saya selanjutnya.

Comments