Netbeans Riwayatmu Kini

Sebagai pengguna pemrograman Java, saya menggunakan beberapa IDE salah satunya adalah Netbeans yang menjadi IDE pertama yang saya kenal.

Saya amati Netbeans relatif lebih sederhana konfigurasinya dibandingkan dengan IDE lain misalnya Eclipse. Misalnya ketika ingin membuat frame Java Swing, di Netbeans tinggal klik menu sedangkan di Eclipse harus install dulu pluginnya. Maka tidak mengherankan ketika IDE ini sering menjadi pilihan utama yang digunakan dosen ketika mengajarkan OOP dan pemrograman Java di kampus.

Seiring dengan perkembangan jaman dan dunia pemrograman yang dinamis, berkembanglah berbagai tool dan IDE untuk environment Java. Salah satu yang saya amati berkembang begitu pesat, dengan seringnya update reguler untuk memperbaiki bug dan penambahan fitur adalah IntelliJIDEA. Apalagi sejak Android Studio berganti base dari Eclipse ke IntelliJIDEA, perkembangannya semakin berkembang *halah.

Di sisi lain Netbeans sedikit kurang "rame" perkembangannya. Salah satu yang saya soroti adalah penggunaan Netbeans platform yang saya lihat mulai berkurang penggunanya, misal programmer yang mulai beralih ke IntelliJIDEA seiring populernya Android Studio. Satu fenomena lagi adalah dihentikannya pengembangan iReport (IDE untuk design JasperReport) yang basis pengembangannya menggunakan Netbeans platform. Pengguna iReport sudah disarankan untuk mengguankan Jaspersoft Studio yang berbasis Eclipse. Pun demikian dengan fitur-fitur Netbeans yang saya amati kurang berkembang di saat bermunculan bahasa-bahasa pemrograman baru yang menggunakan JVM seperti Scala dan Kotlin. Dukungan Netbeans untuk bahasa-bahasa tersebut belum sebaik IDE lain.

Sampai kemudian akhirnya saya tahu, ternyata Netbeans sedang mengajukan diri untuk bergabung dengan Apache. Wow, wew, wih entah apa latar belakangnya saya sedikit heran karena setahu saya sejak Oracle mengakuisisi Sun Microsystem, Netbeans mendapatkan support yang cukup baik oleh Oracle. Di sisi yang lain, bergabungnya Netbeans sebagai salah satu project Apache adalah langkah yang baik, setidaknya jaminan ke-opensource-an proyek tersebut akan terjaga.

Eh ternyata Netbeans awal mulanya adalah proyek (tugas) kuliah mahasiswa pada tahun 1995/1996 di Praha, Ceko. Wew tugas kuliah mahasiswa aja bisa jadi keren begini yak

https://wiki.apache.org/incubator/NetBeansProposal

Netbeans sedang berjuang, berjuang untuk mempertahankan eksistensinya di jaman yang penuh persaingan. Semoga dengan bergabungnya Netbeans ke Apache akan memberikan manfaat bagi pengguna dan dunia opensource pada umumnya.

Comments