Router vs Switch vs Hub : Apa sih perbedaannya?

Ketika dihadapkan dengan perangkat networking, sering kali saya bingung membedakannya. Misalnya antara router, siwtch, dan hub yang nampak hampir sama. Ternyata ada perbedaan di antara perangkat-perangkat tersebut.

Router

Seperti namanya router bertugas untuk mengirimkan packet data ke network lain hingga packet tersebut sampai di tujuan. Router menghubungkan beberapa network yang berbeda misalnya LAN dengan WAN. Router terletak di gateway. Di dalam router isinya tidak hanya data namun juga alamat tujuan ke mana data dikirim.

Switch

Switch hampir sama dengan hub di mana keduanya bertugas sebagai pusat network dan mengatur sebuah tipe data yang disebut sebagai frame, frame membawa data yang dikirim di network. Perbedaan keduanya adalah pada cara menangani frame.
Switch menyimpan sebuah record yang berisi MAC address dari semua perangkat yang terhubung ke switch. Ketika frame diterima oleh switch, frame akan dikirimkan menuju alamat tujuan. Switch juga menjamin bahwa bandwidth yang dikirim ke setiap port tetap maksimal.

Hub

Sementara itu hub tidak memiliki informasi MAC address dari perangkat-perangkat yang terhubung dengannya. Ketika frame diterima, hub akan meneruskannya ke semua port.

Referensi
https://www.webopedia.com/DidYouKnow/Hardware_Software/router_switch_hub.asp

Comments