Trash-cli sebagai Alternatif Perintah rm di Linux

Linux memiliki terminal / command line yang dapat digunakan sebagai alternatif dari GUI.
User dapat menggunakan Linux tanpa adanya GUI untuk melakukan berbagai hal misalnya operasi terhadap file (membuat file, mengcopy file, dan menghapus file).

Menghapus file melalui command line Linux dapat dilakukan menggunakan perintah rm.
Berbeda dengan Wind*ws, ketika file dihapus biasanya di Wind*ws file akan masuk ke Recycler Bin, namun ketika menggunakan perintah rm di command line Linux maka file yang dihapus akan dihapus permanen. Hal ini mengharuskan user berhati-hati karena file yang telanjur dihapus melalui perintah rm akan sangat sulit dikembalikan.

Untuk mencegah user tidak sengaja menghapus file menggunakan rm, sebenarnya dapat digunakan perintah rm -i yang akan menampilkan konfirmasi kepada user sebelum penghapusan file dilakukan.

Ternyata ada alternatif lain untuk menghapus file melalui command line yaitu menggunakan perintah trash. Bedanya dengan rm, file yang dihapus menggunakan trash tidak langsung dihapus melainkan akan masuk ke folder Trash yang merupakan semacam Recycler Bin, sehingga file yang dihapus masih dapat dikembalikan.

Untuk dapat menggunakan perintah trash, lakukan instalasi paket trash-cli. Berikut adalah perintah instalasinya di Ubuntu 18.04
sudo apt install trash-cli

Untuk menghapus file menggunakan trash, perintahnya adalah sebagai berikut
trash nama_file
Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

Comments