Physical address dan Logical Address (1)


Physical address adalah alamat suatu node yang ditentukan oleh jaringan (LAN atau WAN), alamat ini diinclude-kan dalam frame data yang digunakan oleh data link layer. Ukuran dan format dari physical address tersebut sangat bervariasi tergantug pada jaringannya, misal pada ethernet digunakan alamat 6-byte (48 bit) yang diasosiasikan dengan sebuah network interface card (NIC).
Karena ukuran dan format physical address yang berbeda-beda (tergantung jenis jaringan), maka jenis alamat ini kurang cocok untuk lingkungan internetwork yang di dalamnya terdapat sejumlah jaringan dengan format alamat yang berbeda-beda.
Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan adanya alamat universal yang tidak terikat jenis jaringan. Logical address didesain sebagai implementasi alamat universal tersebut.
Jaringan / internet terdiri dari kombinasi physical network yang dihubungkan melalui internetworking device misalnya router. Sebuah packet yang dikirimkan dari source host mungkin akan melewati sejumlah physical network yang berbeda sebelum mencapai host tujuan. Host dan router dikenali dalam jaringan melalui logical (IP) address. Sedangkan pada physical level, packet host dan router dikenal melalui physical addressnya.
Dengan kata lain pengiriman paket data dalam jaringan membutuhkan dua level alamat yaitu physical address dan logical address. Untuk itu diperlukan adanya mapping dari physical address ke logical address dan sebaliknya.
(Forouzan, Data Communications and Networking, hlm 612)

Comments