Physical address dan Logical Address dalam Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, setiap node (misalnya PC atau perangkat smartphone) yang terhubung diberikan suatu alamat agar dapat berkomunikasi dengan node lainnya. Dalam arsitektur TCP/IP, terdapat empat jenis alamat, yaitu :
1. Physical address
2. Logical address
3. Port address
4. Application-specific address

 

Physical address adalah alamat suatu node yang ditentukan oleh jaringan (LAN atau WAN), alamat ini diinclude-kan dalam frame data yang digunakan oleh data link layer. Ukuran dan format dari physical address tersebut sangat bervariasi tergantug pada jaringannya, misal pada ethernet digunakan alamat 6-byte (48 bit) yang diasosiasikan dengan sebuah network interface card (NIC).
Karena ukuran dan format physical address yang berbeda-beda (tergantung jenis jaringan), maka jenis alamat ini kurang cocok untuk lingkungan internetwork yang di dalamnya terdapat sejumlah jaringan dengan format alamat yang berbeda-beda.
Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan adanya alamat universal yang tidak terikat jenis jaringan. Logical address didesain sebagai implementasi alamat universal tersebut.
Jaringan / internet terdiri dari kombinasi physical network yang dihubungkan melalui internetworking device misalnya router. Sebuah packet yang dikirimkan dari source host mungkin akan melewati sejumlah physical network yang berbeda sebelum mencapai host tujuan. Host dan router dikenali dalam jaringan melalui logical (IP) address. Sedangkan pada physical level, packet host dan router dikenal melalui physical addressnya.
Dengan kata lain pengiriman paket data dalam jaringan membutuhkan dua level alamat yaitu physical address dan logical address. Untuk itu diperlukan adanya mapping dari physical address ke logical address dan sebaliknya.

Artikel ini diupdate pada 24 Oktober 2022.

Referensi :
Forouzan, Data Communications and Networking, hlm 612
https://beingintelligent.com/types-addressing-in-network.html, diakses 24 Oktober 2022

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo