Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Tools untuk Kuliah PBO

Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek mempelajari paradigma pemrograman OOP (object oriented programming). Pada praktikum matkul PBO digunakan bahasa pemrograman Java, untuk itu diperlukan tools sebagai berikut :

1. Java Development Kit

Di sini saya menggunakan Oracle JDK 14 yang dapat diunduh di https://www.oracle.com/java/technologies/javase-jdk14-downloads.html. 

JDK ini wajib diinstall untuk coding bahasa Java, ukuran file installer JDK sekitar 180an MB.

2. Java IDE

IDE atau Integrated Development Environment digunakan untuk menulis source code. IDE ini tidak wajib diinstall karena bisa digantikan oleh text editor seperti Notepad++, vim, dll. Namun IDE memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan text editor, salah satunya dukungan terhadap visual designer untuk coding program yang menggunakan GUI. Terdapat sejumlah IDE yang bisa digunakan untuk keperluan menulis program Java di antaranya : Netbeans, IntelliJ Idea, VS Code, dan Eclipse.

Setiap IDE memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya IntelliJ Idea adaah platform yang digunakan untuk Android Studio, bisa diinstall add on pemrograman Android namun ukuran installernya cukup besar (lebih dari 500 MB) dibanding IDE yang lain. Kemudian ada VS Code yang populer saat ini namun perlu menambahkan add on agar dapat digunakan untuk coding bahasa Java. Sedangkan Netbeans adalah IDE yang sangat populer sebelum Oracle mengakuisisi pengembangnya, saat ini Netbeans menjadi bagian dari proyek Apache. Sedangan untuk Eclipse, menurut saya Eclipse berada di posisi tengah-tengah, ukuran installer (sekitar 200 MB) tidak sebesar IntelliJ Idea dengan komunitas user dan developer yang masih ramai.

Comments