Tools untuk Kuliah PBO

Mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek mempelajari paradigma pemrograman OOP (object oriented programming). Pada praktikum matkul PBO digunakan bahasa pemrograman Java, untuk itu diperlukan tools sebagai berikut :

1. Java Development Kit

Di sini saya menggunakan Oracle JDK 14 yang dapat diunduh di https://www.oracle.com/java/technologies/javase-jdk14-downloads.html. 

JDK ini wajib diinstall untuk coding bahasa Java, ukuran file installer JDK sekitar 180an MB.

2. Java IDE

IDE atau Integrated Development Environment digunakan untuk menulis source code. IDE ini tidak wajib diinstall karena bisa digantikan oleh text editor seperti Notepad++, vim, dll. Namun IDE memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan text editor, salah satunya dukungan terhadap visual designer untuk coding program yang menggunakan GUI. Terdapat sejumlah IDE yang bisa digunakan untuk keperluan menulis program Java di antaranya : Netbeans, IntelliJ Idea, VS Code, dan Eclipse.

Setiap IDE memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya IntelliJ Idea adaah platform yang digunakan untuk Android Studio, bisa diinstall add on pemrograman Android namun ukuran installernya cukup besar (lebih dari 500 MB) dibanding IDE yang lain. Kemudian ada VS Code yang populer saat ini namun perlu menambahkan add on agar dapat digunakan untuk coding bahasa Java. Sedangkan Netbeans adalah IDE yang sangat populer sebelum Oracle mengakuisisi pengembangnya, saat ini Netbeans menjadi bagian dari proyek Apache. Sedangan untuk Eclipse, menurut saya Eclipse berada di posisi tengah-tengah, ukuran installer (sekitar 200 MB) tidak sebesar IntelliJ Idea dengan komunitas user dan developer yang masih ramai.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo