Mencari Web Browser yang Hemat RAM

Web browser merupakan software yang wajib harus ada pada sebuah komputer. Tanpa adanya web browser tersebut, kita tidak dapat menjelajahi internet. Begitu banyak pilihan web browser yang tersedia dengan berbagai fitur yang ditawarkan, saya tertarik untuk mencoba beberapa di antaranya, mencari mana yang enteng (tidak rakus memory) namun tetap menyuguhkan fitur yang lengkap.

Berikut ini beberapa hasil eksplorasi saya terhadap penggunaan memory oleh beberapa software web browser. Sebagai informasi saya menggunakan Ubuntu 22.10 64 bit dengan window manager IceWM, adapun kapasitas RAM pada laptop yang saya gunakan adalah 8 GB dengan shared graphic card. Untuk menghitung penggunaan memory yang digunakan oleh web browser, saya menggunakan perintah tool ps_mem. Saya akan melihat jumlah memory yang dihabiskan oleh web browser ketika pertama kali dibuka dan setelah digunakan untuk membuka 1 tab yang memutar video Youtube.

Google Chrome

Google Chrome yang saya gunakan adalah versi 107.0.5304.110.

Google Chrome

Setelah saya eksekusi perintah ps_mem, didapatkan Google Chrome menghabiskan sekitar 480 MB pada kondisi membuka tab kosong.
pengunaan memory oleh Google Chrome, tab kosong

Setelah itu saya buka tab baru untuk memutar video musik dari Youtube.

membuka video Youtube

Perintah ps_mem dieksekusi kembali untuk melihat memory yang digunakan oleh Google Chrome, didapatkan sekitar 660 MB dihabiskan oleh Google Chrome.
pengunaan memory oleh Google Chrome, 1 tab video Youtube

Microsoft Edge

Microsoft Edge  yang saya gunakan adalah versi 107.0.1418.42.

Microsoft Edge

Setelah saya buka untuk pertama kali, saya cukup kaget karena mendapatkan MS Edge menghabiskan memory lebih dari 850 MB.

pengunaan memory oleh MS Edge setelah instalasi, tab kosong

Setelah itu saya menutup Edge dan membukanya kembali. Saya eksekusi lagi perintah ps_mem dan mendapatkan penggunaan memory oleh browser di kisaran 430 MB dengan 1 tab kosong yang terbuka.

pengunaan memory oleh MS Edge setelah diclose dan dibuka kembali, tab kosong

Kemudian saya membuka 1 tab untuk memutar video youtube. Saya eksekusi perintah ps_mem dan mendapatkan penggunaan memory oleh MS Edge di kisaran 727 - 776 MB.

2 kali eksekusi ps_mem mendapatkan penggunaan memory Edge

Artikel ini akan saya update lagi setelah ada hasil pengalaman saya menggunakan web browser lain lagi. Terima kasih.

diupdate 12 November 2022

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo