Mencari Web Browser yang Hemat RAM

Berdasarkan pengamatan saya, web browser modern saat ini cenderung menghabiskan memory besar. Mozilla Firefox atau Google Chrome versi baru hampir sama saja dalam penggunaan memory nya. Sebenarnya penggunaan memory ini bukan masalah untuk komputer / laptop keluaran baru, namun dengan belum adanya dana untuk memperbarui gadget saya, saat ini saya tertarik untuk menggunakan software-software ramah memory. Tampilan jadul tidak masalah, yang penting performa tidak kalah.

Berikut ini beberapa hasil eksplorasi saya terhadap penggunaan memory oleh beberapa software web browser. Sebagai informasi saya menggunakan Xubuntu 20.04 64 bit dengan session window manager IceWM.

Mozilla Firefox ESR 78.13.0esr

Mozilla Firefox versi ESR (Extended Support Release) ini adalah versi LTS (Long Term Support), yaitu Firefox yang diberi support untuk jangka waktu yang lama. Tidak seperti versi stabil regulernya yang update secara periodik dalam waktu yang relatif cepat (sekitar 4 minggu) dan berganti versi dengan penambahan fitur-fitur baru, versi ESR ini tidak sering mengalami major update namun tetap aman karena disupport security patchnya. Saya tertarik menggunakannya karena asumsi saya yang lawas biasanya ramah memory. Mari kita buktikan.


Saya menggunakan xfce4-taskmanager untuk melihat penggunaan memory web browser. Berdasarkan info yang ditampilkan, Mozilla Firefox ESR saya menghabiskan sekitar 500 MB ketika saya gunakan untuk membuka Google Drive. Selain itu masih ada beberapa sub process Firefox yang juga membutuhkan alokasi memori antara 100-200 MB. Tidak besar sebenarnya untuk total RAM sekitar 8 GB, namun apakah ada web browser lain yang lebih hemat memory? Mari kita lihat.

Basilisk 2021.07.19

Basilisk ini bisa dibilang sebagai fork Mozilla Firefox versi lawas yang menggunakan engine Goanna (fork dari engine lawas Firefox, Gecko). Basilisk masih dapat menggunakan NPAPI plugin yang saat ini sudah tidak disupport oleh Firefox versi baru. Bagaimanakan kinerjanya? Mari kita lihat


Secara umum saya cukup puas, dalam kondisi idle Basilisk menghabiskan memory di kisaran 180an MB. Bagaimana setelah saya membuka halaman web?

Saya membuka Google Drive di Basilisk, konsumsi RAM laptop saya kemudian naik di kisaran 400 MB. Ini sedikit lebih hemat dari Mozilla Firefox ESR.

Minus Basilisk :
Setelah saya mencoba beberapa saat, saya menemukan hal yang cukup menganggu yaitu saat mengedit spreadsheet secara online menggunakan Google Sheet. Saya merasa ada lag yang cukup terasa dibandingkan ketika menggunakan Mozilla Firefox ESR yang menurut saya lebih smooth. Hal ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat teknologi rendering dan engine Basilisk yang merupakan fork dari Mozilla Firefox lawas. Untuk penggunaan editing dokumen online, saya tidak merekomendasikan Basilisk ini, namun untuk browsing biasa sekedar membuka halaman web, web browser ini tidak ada masalah untuk digunakan sebagai pilihan pertama.

Chromium via Snap

Proses instalasi lewat terminal dapat dilakukan menggunakan perintah
sudo apt install chromium-browser
Meskipun menggunakan apt, chromium diinstall melalui snap. Yang tidak enak di sini indikator progress apt stuck di 20%, tidak menunjukkan perkembangan progress yang sebenarnya mungkin sudah selesai. Saya cancel install chromium ini.

Brave

Brave adalah salah satu web browser yang dikembangkan dari Chromium. Web browser ini mmeiliki tagline Secure, Fast & Private Web Browser with Adblocker ya memang fitur penangkal iklan sudah diintegrasikan di dalamnya.

alokasi memory Brave

Setelah dibuka, dalam kondisi idle tanpa mengakses halaman web apapun, Brave membuka sejumlah proses paralel yang menurut saya lumayan juga kalau dijumlahkan alokasi memory-nya. Contohnya saat saya gunakan ini setidaknya sudah lebih dari 600 MB memory dialokasikan untuk semua proses Brave, bukan browser yang hemat memory menurut saya.

tampilan Brave 1.29.79

Selain itu ada hal lain yang saya kurang suka dari Brave yaitu bloated. Seperti yang terlihat pada tangkapan layar, Brave menyertakan semacam shortcut ke website-website untuk investasi cryptocurrency, menurut saya tidak semua orang memerlukan hal tersebut.

Artikel ini akan saya update lagi setelah ada hasil pengalaman saya menggunakan web browser lain lagi. Terima kasih.

diupdate 12 September 2021

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Physical address dan Logical Address (1)

Deploy CodeIgniter 3 Menggunakan Docker