Mencari Web Browser yang Hemat RAM

Web browser merupakan software yang wajib harus ada pada sebuah komputer. Tanpa adanya web browser tersebut, kita tidak dapat menjelajahi internet. Begitu banyak pilihan web browser yang tersedia dengan berbagai fitur yang ditawarkan, saya tertarik untuk mencoba beberapa di antaranya, mencari mana yang enteng (tidak rakus memory) namun tetap menyuguhkan fitur yang lengkap.

Berikut ini beberapa hasil eksplorasi saya terhadap penggunaan memory oleh beberapa software web browser. Sebagai informasi saya menggunakan Debian 11 (Bullseye) 64 bit dengan window manager IceWM, adapun kapasitas RAM pada laptop yang saya gunakan adalah 8 GB dengan shared graphic card. Untuk menghitung penggunaan memory, saya menggunakan perintah free di command line untuk melihat jumlah memory komputer yang terpakai dan membandingkannya antara memory yang digunakan sebelum web browser dijalankan dengan kondisi setelah web browser dijalankan.

Vivaldi 4.2

Vivaldi dibangun dari codebase Chromium dengan tujuan membuat browser dengan fitur yang mirip dengan browser Opera sebelum Opera pindah ke Chromium. Vivaldi memiliki cukup banyak fitur di antaranya note dan email client.

penggunaan memory sebelum membuka Vivaldi

Sebelum membuka Vivaldi, memory di laptop tercatat terpakai sekitar 343 MB.

tampilan browser Vivaldi

Setelah Vivaldi dijalankan, penggunaan RAM meningkat di kisaran 620 MB, bertambah 277 MB.

penggunaan memory setelah Vivaldi dibuka

Saya mencoba membuka sebuah web. Konsumsi RAM meningkat sekitar 10 MB menjadi sekitar 631 MB atau bertambah 288 MB dari kondisi awal.

penggunaan memory setelah Vivaldi membuka halaman web ardhi.web.id

Mozilla Firefox ESR 

Mozilla Firefox versi ESR (Extended Support Release) ini adalah versi LTS (Long Term Support), yaitu Firefox yang diberi support untuk jangka waktu yang lama. Tidak seperti versi stabil regulernya yang update secara periodik dalam waktu yang relatif cepat (sekitar 4 minggu) dan berganti versi dengan penambahan fitur-fitur baru, versi ESR ini tidak sering mengalami major update namun tetap aman karena disupport security patchnya. Saya tertarik menggunakannya karena asumsi saya yang lawas biasanya ramah memory. Mari kita buktikan.

penggunaan memory sebelum membuka Firefox ESR

Sebelum saya menjalankan Firefox ESR penggunaan memory di laptop sekitar 368 MB. Mari kita lihat pertambahannya ketika Firefox ESR dijalankan.

penggunaan memory setelah menjalankan Firefox ESR

Setelah membuka Firefox ESR penggunaan memory laptop saya menjadi 742 MB atau bertambah 374 MB, lebih besar konsumsi memorynya dibandingkan ketika menggunakan Vivaldi.

tampilan Firefox ESR

Saya membuka ardhi.web.id di Firefox ESR, ternyata kemudian penggunaan memory meningkat lagi menjadi 854 MB atau bertambah 486 MB dari kondisi awal. Dari percobaan yang saya lakukan, saya menyimpulkan Firefox ESR ini lebih boros memory dibandingkan Vivaldi.

penggunaan memory seteah membuka ardhi.web.id

Basilisk 2021.07.19

Basilisk ini bisa dibilang sebagai fork Mozilla Firefox versi lawas yang menggunakan engine Goanna (fork dari engine lawas Firefox, Gecko). Basilisk masih dapat menggunakan NPAPI plugin yang saat ini sudah tidak disupport oleh Firefox versi baru. Bagaimanakan kinerjanya? Mari kita lihat

konsumsi RAM sebelum membuka Basilisk

konsumsi RAM setelah menjalankan Basilisk

Sebelum menjalankan Basilisk penggunaan RAM di laptop saya 328 MB, kemudian meningkat menjadi 501 MB setelah Basilisk dijalankan atau bertambah 173 MB. Secara umum saya cukup puas, penggunaan RAM cukup hemat. 

tampilan Basilisk

Bagaimana penggunaan RAM setelah saya membuka halaman web di Basilisk?

konsumsi memory setelah membuka ardhi.web.id di Basilisk

Saya membuka blog ardhi.web.id ini dan mendapatkan konsumsi RAM meningkat menjadi 654 MB atau bertambah 328 MB dari kondisi semula. Terasa sangat besar pertambahannya, sepertinya perlu dicek juga apakah ada service lain yang kemudian aktif pada saat saya memeriksa penggunaan memory ini.

Update 09 Oktober 2021
Saya coba lagi menguji Basilisk. Sebelum membuka Basilisk penggunaan memory di laptop sebesar 342 MB.

penggunaan RAM sebelum membuka Basilisk

Setelah saya menjalankan Basilisk dan kemudian membuka ardhi.web.id konsumsi memory mencapai 561 MB atau naik sebesar 219 MB dari kondisi awal.

Penggunaan RAM setelah membuka ardhi.web.id

Minus Basilisk :
Setelah saya mencoba beberapa saat, saya menemukan hal yang cukup menganggu yaitu saat mengedit spreadsheet secara online menggunakan Google Sheet. Saya merasa ada lag yang cukup terasa dibandingkan ketika menggunakan Mozilla Firefox ESR yang menurut saya lebih smooth. Hal ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat teknologi rendering dan engine Basilisk yang merupakan fork dari Mozilla Firefox lawas. Untuk penggunaan editing dokumen online, saya tidak merekomendasikan Basilisk ini, namun untuk browsing biasa sekedar membuka halaman web, web browser ini tidak ada masalah untuk digunakan sebagai pilihan pertama.

Chromium via Snap

Proses instalasi lewat terminal dapat dilakukan menggunakan perintah
sudo apt install chromium-browser
Meskipun menggunakan apt, chromium diinstall melalui snap. Yang tidak enak di sini indikator progress apt stuck di 20%, tidak menunjukkan perkembangan progress yang sebenarnya mungkin sudah selesai. Saya cancel install chromium ini.

Brave

Brave adalah salah satu web browser yang dikembangkan dari Chromium. Web browser ini mmeiliki tagline Secure, Fast & Private Web Browser with Adblocker ya memang fitur penangkal iklan sudah diintegrasikan di dalamnya.

alokasi memory Brave

Setelah dibuka, dalam kondisi idle tanpa mengakses halaman web apapun, Brave membuka sejumlah proses paralel yang menurut saya lumayan juga kalau dijumlahkan alokasi memory-nya. Contohnya saat saya gunakan ini setidaknya sudah lebih dari 600 MB memory dialokasikan untuk semua proses Brave, bukan browser yang hemat memory menurut saya.

tampilan Brave 1.29.79

Selain itu ada hal lain yang saya kurang suka dari Brave yaitu bloated. Seperti yang terlihat pada tangkapan layar, Brave menyertakan semacam shortcut ke website-website untuk investasi cryptocurrency, menurut saya tidak semua orang memerlukan hal tersebut.

Artikel ini akan saya update lagi setelah ada hasil pengalaman saya menggunakan web browser lain lagi. Terima kasih.

diupdate 09 Oktober 2021

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Deploy CodeIgniter 3 Menggunakan Docker