Python Shell Sebagai Kalkulator

Dalam per-laptop-an sehari-hari, sering sekali saya membutuhkan alat bantu untuk menghitung. Di linux terdapat sejumlah pilihan tools kalkulator, beberapa di antaranya adalah mate calculator (mate-calc) yang merupakan aplikasi bawaan desktop Mate, atau KCalc yang ada di KDE. Namun saya lebih sering menggunakan alternatif lain yaitu Python shell atau Python REPL untuk melakukan perhitungan sederhana.

Untuk menjalankan Python shell, dapat dilakukan dengan membuka terminal kemudian ketik perintah python3. Melalui Python shell kita dapat melakukan operasi sederhana meliputi penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian.

aritmatika sederhana menggunakan python shell / python REPL

Selain operasi aritmatika sederhana, melalui Python shell juga dapat dilakukan penghitungan trigonometri, eksponensial dan logaritma, serta statistika dasar dengan terlebih dahulu melakukan import library.

Referensi yang lebih lengkap mengenai penggunaan Python shell sebagai kalkulator dapat dibaca di link berikut https://clouds.eos.ubc.ca/~phil/docs/problem_solving/03-The-Python-REPL/03.01-Python-as-a-Calculator.html

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Deploy CodeIgniter 3 Menggunakan Docker

Physical address dan Logical Address (1)