Tertib Administrasi - Publikasi

Bekerja sebagai tenaga pendidik di perguruan tinggi, mau tidak mau harus berurusan dengan administrasi dan birokrasi. Salah satu tugas yang dikerjakan dosen, yaitu publikasi penelitian / pengabdian juga tak lepas dari urusan tersebut. Memiliki berkas terkait publikasi yang lengkap dan tersimpan rapi sangat disarankan untuk memudahkan urusan kita di kemudian hari.

Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini berkas yang harus kita arsipkan terkait dengan publikasi :
1. Draft artikel publikasi dalam bentuk .doc
Draft artikel yang masih berupa file mentah .doc (bukan pdf) sebaiknya kita arsipkan. Misalnya apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk membuat ringkasan penelitian atau keperluan membuat publikasi baru yang perlu rujukan dari apa yang pernah kita tulis sebelumnya.

2. Hasil cek similarity artikel publikasi
Beberapa kegiatan memerlukan arsip cek similarity artikel publikasi, misalnya untuk keperluan pengurusan jabatan fungsional.

3. Email korespondensi ke pengurus jurnal / bukti submit dan bukti artikel diterima
Email korespondensi terkait publikasi artikel ilmiah juga sangat penting untuk diarsipkan karena dibutuhkan salah satunya untuk mengurus jabatan fungsional.

4. File terkait jurnal / prosiding
Setelah artikel terbit di jurnal / prosiding sebaiknya kita mencari file jurnal / prosidingnya juga. Pengalaman saya ketika mengurus jabatan fungsional di salah satu perguruan tinggi, diperlukan cover, daftar isi, dan daftar reviewer jurnal / prosiding selain file artikel publikasi yang pernah saya kirimkan.

Berkas-berkas tersebut sebaiknya diarsipkan, selain menyimpan file ke komputer pribadi, sangat disarankan membuat backup misalnya dengan mengupload ke layanan penyimpanan cloud. Dengan memiliki arsip yang lengkap terkait publikasi, kita akan terbantu apabila di kemudian hari dibutuhkan data-data terkait aktivitas publikasi dosen.

Demikian, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Deploy CodeIgniter 3 Menggunakan Docker