Kembali ke Malaysia - Harga Beras Naik

September 2023 ini saya kembali ke Malaysia, salah satu hal yang pertama kali saya lakukan setelah tiba adalah berbelanja. Seperti biasa saya belanja di swalayan Lotus dekat kampus. 

Saya begitu kaget mendapati harga beras 5 kg yang biasanya dengan 13 ringgit sudah bisa dapat kali ini naik cukup lumayan, harga termurahnya sudah di atas 20 ringgit. Saya membeli beras dengan harga sekitar 22 ringgit, kenaikannya cukup membuat ketar-ketir juga. Sebelum saya terbang ke Malaysia memang pernah dapat info kalau harga beras di negeri ini naik, ternyata memang benar adanya. Padahal saya sebelumnya cukup terheran-heran di mana harga beras di Malaysia lebih murah daripada harga beras di Indonesia.

Dengan kurs 1 ringgit sekitar 3.400 rupiah, harga beras yang sebelumnya 13 ringgit itu kalau dirupiahkan tidak sampai 50 ribu. Kalau dihitung per kg nya berarti masih di bawah 10 ribu rupiah, sungguh mencengangkan karena dengan harga segitu sudah dapat beras berkualitas baik yang pada saat yang sama di Indonesia harga beras dengan kualitas yang sama sudah di atas 10 ribu rupiah. 

Saya mempertanyakan ini kenapa bisa, karena setahu saya di Malaysia itu luas sawah sangat jauh lebih kecil dibanding luas sawah di Indonesia dan sebagian beras di Malaysia itu adalah impor. Sekarang dengan harga yang baru, 22 ringgit kalau dirupiahkan sekitar 74800 rupiah, dibagi 5 untuk mendapatkan harga beras per kg dapat di angka hampir 15 ribu rupiah. Jadinya sekarang harga beras di Malaysia ya sama saja seperti di Indonesia. Begitulah memang tidak selamanya harga yang murah akan bertahan.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java