Pedoman Skripsi Mahasiswa S1 Informatika UNS

Tulisan ini saya buat sebagai pedoman pribadi untuk membimbing mahasiswa S1 Informatika UNS. Saya merasa perlu untuk membuat standarisasi seperti apa kualitas skripsi dari mahasiswa yang saya bimbing.

DON'T :

Implementasi alat / sistem (untuk topik IoT dan sejenisnya)
Fokus **bukan** pada perancangan alat dan implementasi sistem, yang diharapkan dari skripsi mahasiswa adalah adanya analisis data hasil percobaan untuk mendukung / membuktikan bahwa masalah berhasil diselesaikan.

Hindari judul-judul yang serupa dengan pola "Sistem *** untuk *** Berbasis ***", tinggalkan pola tersebut karena terlalu fokus ke teknis implementasi alat. Saat ini gunakan sudut pandang "masalahnya apa" dan "bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut", dengan demikian fokusnya adalah pada analisis untuk menunjukkan apakah penelitian yang dilakukan dapat menyelesaikan masalah yang sudah dirumuskan.

DO :

Fokus ke
1. Masalah
Dari topik yang sudah dipilih, diperjelas apa masalah yang ada.

2. Metode
Metode ini adalah cara untuk menyelesaikan masalah yang sudah dirumuskan.

Revisi

Ketika menyerahkan hasil revisian ke dosen penguji tolong berikan keterangan :
Poin apa yang diminta revisinya oleh dosen --> ditambahkan / diedit pada sub bab atau halaman berapa

Sistematika

Judul dan Topik

Judul sebaiknya memuat tujuan dan metode. Misalnya "Peningkatan / Perbaikan  [apa yang diperbaiki / ditingkatkan] pada [bisa disebutkan studi kasus atau aplikasi yang dituju] dengan [apa metode / cara yang dipilih]".

Untuk kasus lain misal perancangan / implementasi, misalnya untuk topik RPL sebaiknya ada fokus ke topik RPLnya bukan ke studi kasusnya. Misal menerapkan desain software dengan metode ***, fokus bukan ke teknis implementasi namun lakukan analisis apakah metode *** yang dipilih tersebut sesuai atau mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi misalnya saat ini sudah menggunakan metode lain yang dinilai memiliki kekurangan (jabarkan kekurangan yang dihadapi saat ini).

Abstrak 

Abstrak merupakan tulisan ringkas yang merangkum apa yang dikerjakan dalam skripsi. Harapannya pembaca dapat mengetahui gambaran keseluruhan skripsi melalui 1 paragraf abstrak. Abstrak yang baik memuat : topik / masalah, metode / cara yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah, hasil penelitian, dan kesimpulan.

Bab 1. Pendahuluan

Di bab 1 jelaskan keyword-keyword yang ada pada judul. Misalnya judul memuat topik / studi kasus, tujuan, metode: (1) jelaskan mengapa topik / studi kasus itu layak untuk dibahas, (2) uraikan dengan jelas apa yang ingin anda capai / lakukan, (3) berikan alasan / justifikasi bahwa metode yang anda pilih cocok untuk penelitian tersebut. Sebaiknya juga berikan analisis literatur singkat untuk mereview apa saja yang sudah dilakukan pada penelitian lain untuk topik sejenis dan di mana posisi penelitian anda (perbedaan dibanding penelitian lain), untuk menunjukkan gap penelitian.

Bab 2. Dasar Teori

Jelaskan materi dasar yang berhubungan dengan topik penelitian atau metode yang dipakai dalam penelitian. Biasanya digunakan sebuah metode / algoritma untuk menyelesaikan masalah, jelaskan agar pembaca paham mengenai teori yang berkaitan dengan metode / algoritma tersebut. Jangan membahas spesifikasi alat dalam bab 2.

Bab 3. Metode Penelitian

Bab 4. Hasil dan Pembahasan

Bab 5. Penutup  

5.1 Kesimpulan

5.2 Saran

Saran jangan tiba-tiba dimunculkan tanpa ada pembahasan sebelumnya. Sebaiknya ada narasi / penjelasan pada bab 4 mengenai masalah / hal-hal yang dihadapi selama melakukan penelitian atau kekurangan / limitasi dari penelitian yang sudah dilakukan kemudian dari pembahasan tersebut diarahkan menjadi saran penelitian.

Daftar Pustaka

Sebaiknya hindari menjadikan naskah skripsi sebagai referensi, gunakan paper jurnal / conference yang ditulis berdasarkan skripsi tersebut.

Lampiran 

Template Laporan Skripsi

[menyusul]

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Deploy CodeIgniter 3 di Docker