[Java] Mengapa Menggunakan IDE? (Text Editor VS IDE)

Mungkin banyak pertanyaan di benak teman-teman yang baru belajar pemrograman Java, "Mengapa coding Java menggunakan IDE?". Memang di satu sisi IDE (Integrated Development Environment) terasa begitu kompleks dan rumit karena banyak hal dan istilah yang masih asing bagi pemula apabila dibandingkan dengan coding menggunakan text editor sederhana semisal notepad++.

Sebagai gambaran, berikut ini saya tuliskan beberapa hal yang menjadi plus - minus menggunakan IDE apabila dibandingkan dengan text editor untuk coding bahasa Java.

Minus IDE

IDE relatif lebih berat dibandingkan text editor (membutuhkan RAM yang lebih banyak, CPU usage yang besar, dan memakan storage lebih banyak daripada text editor). Hal ini sebenarnya adalah sesuatu yang wajar karena IDE memuat fitur yang lebih banyak daripada text editor.

Plus IDE

IDE memberi peringatan adanya kesalahan penulisan syntax.

Contohnya sebagai berikut, saya menggunakan text editor Geany untuk mengedit sebuah file source code java. Pada baris ke-15 saya belum memberi tanda ; di akhir baris. Apabila code ini dicompile tentu saja akan terjadi error.

geany

Text editor geany tidak memberi tahu adanya kesalahan penulisan code seperti contoh di atas. Berbeda ketika saya menggunakan IDE, misalnya di sini saya menggunakan Netbeans.

nb1

Dapat dilihat, pada baris ke-15 terdapat icon tanda ! yang memberitahukan adanya error / kesalahan. Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut, kita dapat mengarahkan kursor mouse ke arah ikon tersebut.

nb2

';' expected pesan ini maksudnya adalah dibutuhkan tanda ; untuk melengkapi baris tersebut. Fitur ini sangat berguna, developer dapat memperbaiki kesalahan penulisan syntax sebelum melakukan compile program. Hal seperti ini tidak terdapat di text editor.

IDE memiliki fitur debugging

Debugging sangat berguna, salah satunya untuk melakukan penelusuran error. Sayang sekali masih sangat banyak programmer pemula yang belum tahu dan belum memanfaat fitur ini. Pembahasan mengenai debugging akan saya tulis pada postingan terpisah.

(bersambung ...)

Comments