Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Java Swing : Membuat Tampilan JLabel Jam

Program desktop menggunakan Java Swing saat ini sebenarnya mulai ditinggalkan, ada JavaFx yang diproyeksikan menggantikan Swing untuk membuat tampilan UI desktop. Namun tak ada salahnya untuk saya share mengenai Java Swing, kali ini adalah membuat JLabel yang menampilkan tampilan jam (jam : menit : detik) yang diupdate setiap detiknya seperti gambar berikut :

Untuk membuat tampilan seperti di gambar, buat class yang meng-extends JLabel, misalnya class ClockLabel berikut

Untuk menggunakan class tersebut, buat JFrame baru dan tambahkan jLabel di dalamnya.


Dalam tutorial ini saya menggunakan IDE Netbeans, code jLabel yang baru dibuat tadi perlu dicustomize. Caranya klik kanan pada jLabel kemudian pilih Customize Code.


Selanjutnya ganti jLabel1 menjadi custom creation dan ubah code menjadi new ClockLabel();


Selesai, tampilan jLabel apabila program dijalankan akan memuat tampilan jam yang diperbarui setiap detik.

Comments