Kamu Mungkin Masih Ingat Janji yang Ini pas Duduk di Bangku SD Tahun 90an

Sore yang random ini ingatan saya berkelana ke jaman sekolah dulu. Gara-gara membaca status FB Agus Mulyadi (blogger dan redaktur web yang suka kontroversial itu), dia menuliskan istilah Kertangkes yang sungguh familiar bagi saya yang sekolah SD tahun 90an ini. Kalau teman-teman belum mafhum dengan istilah Kertangkes, dapat saya jelaskan bahwa Kertangkes adalah singkatan dari Kerajinan Tangan dan Kesenian, sebuah mata pelajaran yang mewarnai masa sekolah dasar saya dulu.


Ngomong-ngomong soal masa SD, saya juga teringat dengan kegiatan upacara setiap hari Senin. Kalau dulu pernah sekolah, sampeyan tentunya pernah upacara juga, ealah. Ketika upacara itu terdapat beberapa prosesi pengucapan macem-macem teks yang harus diikuti oleh para peserta upcara. Mulai dari teks Pancasila, kemudian pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, dan ada 1 lagi yaitu teks Janji Siswa. Janji Siswa ini adalah semacam ikrar yang memuat akhlak terpuji yang sebaiknya diimplementasikan oleh para siswa agar menjadi siswa yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur.

Bagaimana, apakah sampeyan masih ingat bagaimana butir-butir Janji Siswa itu? Setelah saya melakukan googling saya temukan bahwa teks Janji Siswa ini bisa bermacam-macam, setiap sekolah tidak sama. Saya pun kembali mengingat teks Janji Siswa di bangku SD yang setiap Senin saya tirukan selama enam tahun. Berikut ini adalah poin-poin Janji Siswa yang masih tersisa di ingatan saya, kalau sampeyan ternyata satu almamater dengan sayadan menemukan bahwa Janji Siswa ini kurang lengkap atau salah urutannya mohon tuliskan komentar di bawah postingan ini.

JANJI SISWA
Kami siswa SD Negeri Margomulyo 2 berjanji :
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Berbakti kepada nusa bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
3. Patuh dan taat kepada nasihat orang tua dan guru
4. Bertindak jujur, sopan dan tertib

Sungguh Janji Siswa ini mencoba mengejewantahkan akhlak-akhlak mulia agar siswa dapat menjadi pribadi terpuji melalui sifat-sifat yang idealnya dimiliki para siswa yang di antaranya adalah takwa, berbakti, taat, jujur, sopan, dan tertib. Namun seperti halnya janji-janji yang lain, implementasinya terkadang tidak sesuai dengan kondisi idealisnya. Sebenarnya apabila kita bisa meresapi dan memaknai poin-poin mulia Janji Siswa tersebut dengan semestinya, seharusnya kita dapat menjadi siswa yang berkualitas dengan sifat-sifat yang termaktub dalam Janji Siswa tersebut.

Comments