Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Android : Membuat Aplikasi dengan Google Maps API

Untuk dapat membuat aplikasi Android yang menampilkan peta Google Maps, diperlukan account Google Developer. Gunakan account Gmail untuk keperluan tersebut. Selanjutnya setelah terdapat account Gmail yang bisa digunakan, buat project Android baru.
1) Buat project Android, contoh konfigurasi sebagai berikut
Application name : Peta
Company domain : informatika.id

Contoh screenshot di atas menggunakan Android Studio 3.x. Apabila anda masih menggunakan Android Studio 2.x, tidak perlu khawatir karena program masih dapat digunakan.

2) Pilih Target Android Devices, contoh Phone and Tablet dengan minimum SDK 15.

3) Selanjutnya pilih Google Maps Activity untuk ditambahkan ke project.

4) Beri nama Activity dan layout, kemudian klik Finish

5) Selanjutnya buka file app/src/debug/res/values/google_maps_api.xml

Ganti YOUR_KEY_HERE dengan key yang diperoleh dari developer console. Caranya dengan mencopy link yang terdapat pada file tersebut. Cari baris yang memuat
https://console.developers.google.com/flows/enableapi?apiid=maps_android_backend&key...... 
Kemudian paste ke web browser.

6) Selanjutnya akan diarahkan untuk masuk ke account Google developer. Pilih project apabila sudah pernah membuat project di Google developer console sebelumnya. Apabila belum pernah membuat project, akan dibuatkan sebuah project dengan nama "My Project". Pilih opsi dan klik Agree and continue.


7) Selanjutnya klik Create API key.


8) API key berhasil dibuat, selanjutnya copy API key tersebut.


9) Paste API key ke google_maps_api.xml untuk menggantikan YOUR_KEY_HERE

10) Jalankan program, jangan lupa untuk menghubungkan smartphone atau emulator ke internet karena aplikasi yang menggunakan Google Maps API membutuhkan koneksi internet. Hasilnya adalah peta yang menunjuk ke lokasi kota Sydney di Australia.

Comments