Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Membuat Game Pong dengan Framework Love2D (0)

Tutorial yang saya tulis ini menggunakan materi online course Introduction to Game Development di EDX
Online course tersebut gratis dan materinya bisa didownload, anda harus melakukan registrasi account EDX terlebih dahulu supaya bisa mengaksesnya.

Game yang akan dibuat diberi nama pong, hasil akhir yang diharapkan dapat dilihat seperti pada gambar berikut
game dev - pong0
Pada tutorial ini diguakan library Love2D untuk membuat game dengan grafis 2 dimensi. Download framework Love2D di sini, saya menggunakan rilis untuk versi Linux yang selanjutnya tinggal diekstrak untuk menggunakannya. Misalnya saya ekstrak ke folder love2d yang ada di dalam folder Apps di direktori home saya /home/linuxluv/Apps.
hasil ekstrak love2d

Tulis code menggunakan bahasa Lua, sebagai berikut
Simpan code tersebut dengan nama main.lua. kemudian simpan di dalam folder, misalnya saya simpan di /home/linuxluv/Apps/love2d/Projects/pong/pong-0/.

Code di atas akan membuat sebuah window berukuran 1280 x 720 px dengan tulisan Hello Pong di tengahnya.
Untuk mengeksekusi code tersebut, eksekusi perintah
[path_ke_executable_file_love] [nama_folder_tempat_main.lua]
misalnya
/home/linuxluv/Apps/love2d/love /home/linuxluv/Apps/love2d/Projects/pong/pong-0/
hasil eksekusi pong-0
Demikian tutorial singkat kali ini, pada tutorial berikutnya kita akan menambahkan fungsi-fungsi lainnya ke dalam code.

Code program lengkap dapat diunduh di https://github.com/ardhiesta/pong
Bagian kedua dari tutorial ini dapat dilihat di https://www.ardhi.web.id/2020/07/membuat-game-pong-dengan-framework_24.html

Comments