Belajar dari Santo Suruh

Di tengah perekonomian yang sulit ini, memiliki pekerjaan adalah sesuatu hal yang patut disyukuri. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk negara kita menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan. Setelah pandemi pun keadaan ekonomi masih belum stabil, lowongan kerja tidak semudah dulu. Misalnya di bidang IT saya sendiri merasakan bedanya jumlah tawaran freelance sebelum dan setelah pandemi melanda sangat jauh. Untuk orang yang menjadi korban PHK tentu kondisinya sangat sulit apalagi di negara ini hampir semua lowongan mematok batas usia maksimal bagi pelamarnya, padahal yang butuh kerja di usia yang tidak muda juga banyak.

Di tengah kondisi sulit tersebut ada seseorang yang ternyata memiliki ide kreatif. Dikenal sebagai Santo Suruh yang memiliki akun instagram suruh_santo, Santo Suruh memiliki tagline yaitu "Kalau mau punya duit harus mau disuruh". Usahanya ini berdiri sejak 2019 dan melayani seluruh dunia. Wow sungguh tagline dan komitmen yang luar biasa! Yang dilakukan Santo Suruh sangat sederhana, ia akan melakukan apa saja request dari pelanggan selagi itu halal. Mulai dari membersihkan teras dan garasi, mindahin burung lovebird, nukerin uang dari puluhan ribu ke 100 ribuan, merawat orang tua ODGJ, sampai disuruh buang kotoran kucing

Dulu semuanya dikerjakan Santo sendiri sebagai single fighter namun ternyata usaha ini cukup berkembang hingga Santo sekarang sudah mampu memperkerjakan tim untuk membantunya!

Yang dilakukan Santo Suruh memang adalah pekerjaan "kasar" informal, namun patut diakui bahwa idenya ini sangat brilian karena mampu menangkap peluang pasar yang potensial. Santo Suruh jeli melihat kesempatan dalam kesempitan, peluang dari kemageran orang dan belum adanya inovasi sejenis yang dikelola dengan seniat ini. Saya melihat apa yang dilakukan Santo Suruh ini jelas lebih baik daripada pemuda usia produktif yang menjadi pemalak atapun ormas-ormas yang melakukan pungli. Bahkan Santo Suruh jauh lebih baik daripada pejabat yang memperkaya diri beserta kroni-kroninya. Sukses terus Santo Suruh!

Saya juga menawarkan jasa untuk mempromosikan apa saja melalui story Instagram hanya dengan 15 ribu rupiah saja, silakan DM saya di akun instagram https://www.instagram.com/ardhiesta/

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java