Google Trends : Mengamati Trend Keyword Pencarian Search Engine Google

Sebagai kreator konten blog, terutama yang mengandalkan traffic dari pencarian search engine, penting bagi kita untuk mengetahui keyword yang banyak digunakan oleh user dalam search engine. Mengetahui keyword yang banyak digunakan oleh user dapat menjadi pertimbangan dalam membuat tulisan karena akan meningkatkan kemungkinan user mengunjungi blog.

Google menyediakan laman untuk menganalisis keyword yang digunakan oleh user dalam mencari konten melalui search enginenya. Kunjungi https://trends.google.com/, kemudian ketik keyword yang ingin dianalisis trend penggunaannya. 

Sebagai contoh misalnya saya mengetikkan keyword Java, ada beberapa opsi yang muncul. Saya ingin mengetahui mengenai Java (bahasa pemrograman), jadi saya pilih yang ada keterangan Programming language-nya.

Kemudian akan muncul grafik yang menunjukkan trend penggunaan keyword tersebut dalam jangka waktu, region, kategori, dan jenis pencarian tertentu. Bisa diubah-ubah sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.

Tool Google Trends ini bisa menjadi pertimbangan bagi penulis blog dalam menentukan artikel apa yang sebaiknya ditulis berdasarkan jumlah pencarian keywordnya. Misal antara artikel yang membahas bahasa pemrograman Java dengan artikel yang membahas pemrograman Python, kita intip dulu perbandingan trend keywordnya. Saya klik tombol Compare dan memasukkan Python sebagai keyword yang akan saya bandingkan dengan Java.

Agar lebih relevan, bisa diubah kategorinya misalnya ke Programming. Saya mencapatkan keyword Java secara umum masih lebih tinggi trend penggunaannya dalam seminggu terakhir di Indonesia. Ini dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan konten artikel yang akan ditulis. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo