Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Instalasi Composer di Ubuntu 20.04

Composer adalah aplikasi paket manajer untuk bahasa pemrograman PHP. Composer ini bermanfaat untuk mendownload paket-paket framework PHP misal Laravel, Slim Framework, Zend Framework, dll. Dengan adanya composer, masalah dependensi paket juga terpecahkan. Misal dalam project aplikasi yang kita buat dibutuhkan suatu library atau paket A. Jika menggunakan cara konvensional, kita perlu mengunduh library atau paket tersebut dan mengcopynya ke folder project kita. Menggunakan composer, masalah kebutuhan paket atau library tersebut dapat diselesaikan. Melalui command yang diberikan, composer akan mengunduhkan library atau paket yang kita butuhkan dan mengintegrasikannya dengan project yang kita kerjakan.

Berikut ini adalah cara instalasi composer di Ubuntu 20.04

1. Install dulu PHP di Ubuntu 20.04. Saya menggunakan perintah
sudo tasksel
kemudian centang LAMP server menggunakan tombol spasi di keyboard, selanjutnya arahkan ke OK dan tekan Enter.
Unduh composer di sini https://getcomposer.org/installer. Dari alamat tersebut kita akan mendapatkan file dengan nama installer, simpan file tersebut di dalam folder, misalnya saya simpan di ~/Apps.

2. Eksekusi file installer menggunakan PHP dengan perintah

php installer

3. Buat symbolic link composer.phar di /usr/bin

sudo ln -s ~/Apps/composer.phar composer

Instalasi composer sudah selesai dilakukan.
Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan berikutnya.

Comments