Mencoba Kotlin REPL

Sebelum mencoba tutorial ini, anda saya sarankan untuk membaca postingan berikut mengenai cara membuat project Kotlin di IntelliJ Idea https://www.ardhi.web.id/2020/12/membuat-project-kotlin-di-intellij-idea.html

Pada postingan kali ini saya akan mencoba operator-operator pada tipe data primitif di bahasa pemrograman Kotlin. Saya menggunakan Kotlin REPL yaitu semacam interactive shell yang dapat digunakan untuk menjalankan script Kotlin layaknya intepreter (mirip seperti yang ada di Python).

Buka Kotlin REPL di IntelliJ Idea melalui menu Tools -> Kotlin -> Kotlin REPL.


Berikut ini adalah tampilan Kotlin REPL di IntelliJ Idea

Saya menggunakan plugin Material Theme sehingga tampilan IntelliJ Idea saya menjadi seperti itu.

Ketik script pada bagian yang terdapat tulisan <Ctrl+Enter> to execute. Kita bisa mencoba, misalnya operator + pada tipe data Integer, ketik 1+1 dan tekan Ctrl+Enter, hasil operasi tambah akan tampil sebagai berikut

Hasil dari penjumlahan bilangan akan muncul beserta dengan tipe datanya, Penjumlahan bilangan Integer akan menghasilkan Integer juga.

Kita bisa juga mengkombinasikan dua tipe data yang berbeda misalnya Integer dengan Double


Didapatkan hasilnya berupa bilangan Double

Anda dapat menuliskan script dan langsung melihat hasil eksekusi script tersebut setelah menekan tombol Ctrl dan Enter. Kotlin REPL ini bermanfaat untuk keperluan belajar code Kotlin tanpa harus membuat file source code lengkap, misalnya hanya untuk mencoba suatu method bawaan.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo