Pemrograman itu Apa Sih?

Artikel ini diterjemahkan dari
https://hackr.io/blog/what-is-programming

https://www.kidscodecs.com/key-skills-programmers-need/
dengan sejumlah perubahan, diupdate pada 21 Januari 2021

Pemrograman

Pemrograman, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan programming, atau istilah lainnya coding adalah aktivitas yang lazim dilakukan oleh para programmer. Saya kutip dari penjelasan istilah programming di hackr.io, pemrograman adalah suatu cara untuk memerintahkan komputer melakukan berbagai macam tugas

Mari kita kupas lagi istilah yang ada
"Memberi perintah ke komputer" : maksudnya adalah kita memberikan sejumlah instruksi yang ditulis dalam sebuah bahasa yang dapat dipahami oleh komputer. Instruksi tersebut bentuknya bisa bermacam-macam, contohnya :

  • Melakukan operasi aritmatika (menjumlahkan dua bilangan, melakukan perkalian, membagi sebuah bilangan dengan bilangan lain, dll)
  • Melakukan manajemen file (mencopy file, menghapus file, dll)
  • Melakukan operasi input / output (menampilkan hasil perhitungan ke layar monitor, menerima input bilangan yang diketik oleh user, dll)

Seperti manusia yang dapat memahami sejumlah bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Mandari, dll), komputer dapat memahami instruksi-instruksi tersebut yang ditulis dalam sebuah sintaks / format yang disebut sebagai bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah instruksi-intruksi / perintah-perintah yang ditulis dalam sintaks / aturan bahasa yang dapat dipahami oleh komputer. Bahasa pemrograman memungkikan programmer untuk mengekspresikan suatu tugas sehingga dapat dipahami dan dieksekusi oleh komputer. Beberapa contoh bahasa pemrograman antara lain C, C++, Java, PHP, Javascript, Python, dll. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan penulisan sintaks yang berbeda.

Skill yang Diperlukan dalam Pemrograman

Diperlukan sejumlah skill pendukung agar dapat melakukan pemrograman dengan lancar, skill-skill tersebut di antaranya
Kemampuan matematika dasar
Passion untuk melakukan problem solving
Kemampuan komunikasi yang baik
Kemampuan menulis yang baik
Rasa ingin tahu
Kepercayaan diri menghadapi komputer
Resourcefulness

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo