Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Pemrograman itu Apa Sih?

Artikel ini diterjemahkan dari
https://hackr.io/blog/what-is-programming

https://www.kidscodecs.com/key-skills-programmers-need/
dengan sejumlah perubahan, diupdate pada 21 Januari 2021

Pemrograman

Pemrograman, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan programming, atau istilah lainnya coding adalah aktivitas yang lazim dilakukan oleh para programmer. Saya kutip dari penjelasan istilah programming di hackr.io, pemrograman adalah suatu cara untuk memerintahkan komputer melakukan berbagai macam tugas

Mari kita kupas lagi istilah yang ada
"Memberi perintah ke komputer" : maksudnya adalah kita memberikan sejumlah instruksi yang ditulis dalam sebuah bahasa yang dapat dipahami oleh komputer. Instruksi tersebut bentuknya bisa bermacam-macam, contohnya :

  • Melakukan operasi aritmatika (menjumlahkan dua bilangan, melakukan perkalian, membagi sebuah bilangan dengan bilangan lain, dll)
  • Melakukan manajemen file (mencopy file, menghapus file, dll)
  • Melakukan operasi input / output (menampilkan hasil perhitungan ke layar monitor, menerima input bilangan yang diketik oleh user, dll)

Seperti manusia yang dapat memahami sejumlah bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Mandari, dll), komputer dapat memahami instruksi-instruksi tersebut yang ditulis dalam sebuah sintaks / format yang disebut sebagai bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah instruksi-intruksi / perintah-perintah yang ditulis dalam sintaks / aturan bahasa yang dapat dipahami oleh komputer. Bahasa pemrograman memungkikan programmer untuk mengekspresikan suatu tugas sehingga dapat dipahami dan dieksekusi oleh komputer. Beberapa contoh bahasa pemrograman antara lain C, C++, Java, PHP, Javascript, Python, dll. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan penulisan sintaks yang berbeda.

Skill yang Diperlukan dalam Pemrograman

Diperlukan sejumlah skill pendukung agar dapat melakukan pemrograman dengan lancar, skill-skill tersebut di antaranya
Kemampuan matematika dasar
Passion untuk melakukan problem solving
Kemampuan komunikasi yang baik
Kemampuan menulis yang baik
Rasa ingin tahu
Kepercayaan diri menghadapi komputer
Resourcefulness

Comments