Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Kotlin : Generate Bilangan Random

Menggunakan Kotlin kita dapat dengan mudah membuat program yang menghasilkan bilangan random hanya dalam beberapa baris kode. Kita manfaatkan operator .. untuk membuat range, bilangan random digenerate dari range bilangan dengan memanggil method random().

Misal dalam kasus sebuah dadu yang memiliki 6 buah nilai, kita dapat mendefinisikan sebuah variabel diceRange yang berisi bilangan mulai dari 1 hingga 6 sesuai dengan nilai yang ada pada sebuah dadu.

val diceRange = 1..6

Kemudian bilangan random digenerate dari diceRange, dengan memanggil method random() 

val randomNumber = diceRange.random()

Hasilnya ditampilkan menggunakan method println

println("Random number: ${randomNumber}")

Untuk mencobanya, kita dapat menggunakan Kotlin Playground dengan membuka alamat https://play.kotlinlang.org melalui browser. Menggunakan Kotlin Playground kita dapat menjalankan script Kotlin secara online tanpa harus membuat project Kotlin di IDE.

Copy-paste kode berikut

fun main() {
    val diceRange = 1..6
    val randomNumber = diceRange.random()
    println("Random number: ${randomNumber}")
}

Jalankan dengan melakukan klik pada tombol Run




Comments