Kiat Sukses Ujian Sertifikasi AWS Ceritified Cloud Practitioner

Setelah ujian pertama gagal pada bulan Agustus tahun lalu, alhamdulillah Februari ini saya sudah lulus sertifikasi AWS Ceritified Cloud Pratitioner. Sertifikasi ini singkatnya berisi soal-soal yang menguji pemahaman mengenai produk-produk Amazon Web Service, bisa dikatakan pula ini adalah level sertifikasi AWS paling dasar. Untuk bisa lulus, disyaratkan minimal jawaban benar adalah 70% dari keseluruhan soal yang berjumlah 65 soal dengan waktu pengerjaan 100 menit. Saya mengikuti ujian sertifikasi secara online dari rumah. Walaupun mengerjakan dari rumah, peluang untuk curang sangat kecil karena selama ujian peserta akan diawasi melalui webcam yang merekam gerak gerik peserta.

Berdasarkan pengalaman saya, untuk bisa lulus dari ujian sertifikasi AWS Ceritified Cloud Pratitioner (dan mungkin juga untuk ujian sertifikasi sejenis) adalah dengan giat berlatih mengerjakan soal. Idealnya memang seharusnya ujian sertifikasi model seperti ini diambil setelah kita terbiasa dengan platform / produknya dalam waktu yang cukup lama, sudah jadi praktisinya dulu baru kemudian mengambil sertifikasi. Sebelumnya saya terlalu terpaku mempelajari AWS dengan segala tutorial teknisnya, memang itu dapat memberikan pemahaman mengenai teknis penggunaan AWS namun apabila dalam waktu singkat kita dituntut untuk lulus sertifikasi langkah yang lebih efisien adalah berlatih mengerjakan soal. 

Banyak sekali web yang menyediakan soal-soal latihan ujian sertifikasi, beberapa di antaranya memang merupakan soal-soal yang pernah keluar di ujian sebenarnya. Saya belajar untuk sertifikasi AWS Certified Cloud Practitioner dari https://www.examtopics.com/exams/amazon/aws-certified-cloud-practitioner/. Sayangnya saat ini konten ujian Amazon Web Service di website tersebut sudah ditakedown. Mungkin akibat kena semprit pemilik produknya. Beberapa alternatif masih tersedia dengan melakukan googling, salah satunya https://www.awsboy.com/aws-practice-exams/practitioner/

Akhir kata, latihan mutlak diperlukan. Terus berlatih sampai berhasil.

Comments