Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Membuat Fitur Authentication pada Laravel 8

Banyak fitur yang disediakan Laravel 8 untuk membuat web ap, salah satunya adalah fitur authenctication (registrasi dan login) yang dapat dibuat dengan mudah. Kita dapat menggunakan Laravel Jetstream di Laravel 8 untuk membuat fitur registrasi dan login. Caranya sebagai berikut :

Di project kita tambahkan Laravel Jestream melalui composer
composer require laravel/jetstream

Install livewire
Jadi apa itu livewire? Saya kutip dari https://daengweb.id/membuat-crud-laravel-8-jetstream-livewire
Livewire adalah sebuah library sederhana untuk interface yang moder, reaktif dan dinamik menggunakan Laravel Blade yang sebagaimana kita ketahui berperan sebagai templating language. Teknologi ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin membuat aplikasi yang dinamis dan reaktif tapi tidak mahir menggunakan framework full Javascript seperti Vue.js.

Install livewire lewat artisan

php artisan jetstream:install livewire

Selanjutnya perlu kita build menggunakan npm

npm install && npm run dev

Terakhir lakukan migrate

php artisan migrate

Hasilnya bisa dilihat dengan mengesekusi perintah

php artisan serve

Lewat web browser buka 127.0.0.1:8000, klik link Register

Isi data-data yang dibutuhkan
Setelahnya kita bisa gunakan untuk login, berikut ini adalah tampilan dashboard Laravel Jestream setelah login
Kita bisa mengatur profil melalui menu nama user --> Profile
Kita bisa mengatur nama user, foto profil, email dll melalui menu ini
Referensi
https://jetstream.laravel.com/2.x/installation.html
https://daengweb.id/membuat-login-register-laravel-8

Comments