Definisi Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah jaringan objek fisik (things / benda) yang dilengkapi dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lain dengan tujuan untuk menghubungkan dan bertukar data antar perangkat dan sistem melalui internet. Perangkat yang dimaksudkan di sini bermacam-macam jenisnya mulai dari alat perkakas rumah tangga sehari-hari hingga prangkat-perangkat yang digunakan dalam industri. Telah ada lebih dari 7 milyar perangkat yang terhubung ke internet dan akan terus meningkat hingga diperkirakan pada tahun 2025 akan terdapat hingga 22 milyar perangkat yang terhubung pada tahun 2025.
https://www.oracle.com/internet-of-things/what-is-iot/

IoT meliputi semia peralatan, mesin, produk, dan perangkat yang terhubung ke cloud dan dirancang untuk mengumpulkan dan mengirimkan data secara aman.
https://azure.microsoft.com/en-us/overview/internet-of-things-iot/what-is-the-internet-of-things/

IoT dapat dideskripsikan sebagai ekstensi / perpajangan dari internet dan koneksi jaringan lainnya ke sejumlah sensor dan perangkat berbeda (atau disebut sebagai "things"), termasuk di dalamnya adalah objek-objek sederhana misalnya bola lampu, kunci, lubang ventilasi, dan perangkat-perangkat lain yang memiliki kemampuan komputasi dan analitik yang lebih tinggi.
Perangkat "pintar" yang terhubung (atau disebut sebagai things) dalam IoT memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan membagikan data ke lingkungannya dengan perangkat dan jaringan lain. Melalui analisis dan pemrosesan data, perangkat dapat melakukan fungsinya dengan sedikit atau bahkan tanpa campur tangan manusia.
https://www.trendmicro.com/vinfo/us/security/definition/internet-of-things

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Deploy CodeIgniter 3 Menggunakan Docker

Physical address dan Logical Address (1)