Distribusi dan Monetisasi Aplikasi Mobile

Distribusi Apps

Bagaimana cara agar orang lain dapat menggunakan aplikasi mobile yang telah dibangun.

1. File .apk

Cara paling sederhana adalah dengan membagikan file .apk hasil compile dari source code menggunakan IDE. Orang lain hanya perlu menginstall file .apk yang diberikan, untuk keperluan tersebut perlu diubah setting smartphone agar mengizinkan instalasi file .apk di luar market apps resmi. File .apk dapat dibagikan langsung ke pengguna atau diupload ke file hosting / website.

2. Market app

Cara selanjutnya adalah dengan mengunggah aplikasi ke market app. Market app resmi untuk Android adalah Google Play Store, sedangkan apabila menggunakan iOS market app resminya adalah Apple App Store. Selain itu juga terdapat maket app pihak ketiga misalnya Amazon Appstore, Samsung Galaxy Store, Palm Store, dan F-Droid.

Apa kelebihan dan kekurangan market app pihak ketiga dibandingkan dengan market app resmi?

Monetisasi Apps

Monetisasi berkaitan dengan bagaimana developer mendapatkan uang dari aplikasi.

1. Jasa pembuatan apps

Developer dapat menjual jasa pembuatan aplikasi mobile kepada client. Model lain adalah dengan bekerja pada perusahaan, developer dibayar untuk membuat aplikasi mobile.

2. Iklan

Iklan adalah cara mendapatkan uang dari aplikasi yang paling sering digunakan di Android. Biasanya aplikasi dapat diunduh secara gratis dari Play Store, namun di dalam aplikasi tersebut akan ditampilkan sejumlah iklan. Developer mendapat uang dari iklan yang tampil di aplikasi.

3. In-app purchase

Model monetisasi ini adalah dengan membuat fitur pembelian item / komponen dalam aplikasi. Misalnya dalam aplikasi game, user dapat membeli item pendukung untuk mendapatkan experience yang lebih bagus dalam memainkan game tersebut.

4. Sponsor

Developer dapat mencari sponsor yang bersedia membiayai pembuatan aplikasi yang dikerjakan.

5. Aplikasi berbayar

Developer dapat menentukan harga aplikasinya, user diharusnya membayar terlebih dahulu sebelum dapat menginstal aplikasi.

Comments