Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1

Pembahasan soal no. 1

Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya.
Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan.

Soal no. 2


Pembahasan soal no. 2

Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena memiliki "kedekatan" dengan konteks, profil user. Adanya pembatasan tracking aktivitas user di smartphone dapat menyebabkan iklan yang muncul tidak terpersonalisasi, iklan yang tampil akan dipukul rata, sama untuk semua user sehingga mungkin akan sering ditemukan iklan yang tidak sesuai dengan profil user, dan user pun tidak memiliki minat untuk mengeklik iklan tersebut. Untuk itu perlu dibuat model monetisasi selain melalui iklan. Beberapa alternatif lain adalah melalui model aplikasi berbayar atau in-app purchase.

Soal no. 3

 

Pembahasan soal no. 3

Tidak direkomendasikan untuk diikuti.
Insentif yang ditawarkan tidak adil, tidak semua partisipan mendapat insentif.
Identitas penyelenggara belum bisa dikonfirmasi, karena memajang nama brand sebaiknya dipastikan memang brand tersebut yang menyelenggarakan.
Penggunaan Google Form sebagai formulir pendaftaran, nampak kurang profesional, perlu dipastikan tidak ada data pribadi yang diminta untuk diinput karena data-data pribadi yang dibagikan melalui internet bisa disalahgunakan.

Soal no. 4

Pembahasan soal no. 4

User dapat mencoba fitur baru yang ada di sebuah aplikasi sesegera mungkin, sebelum resmi dirilis untuk publik, biasanya versi beta aplikasi hanya diedarkan terbatas untuk menguji fitur-fitur baru yang belum tersedia di versi stabil.
Developer mendapatkan feedback dari user terkait fitur baru yang didevelop, bug juga dapat ditemukan dengan lebih cepat.
Untuk app sederhana dan resource SDM yang terbatas, membuat rilis versi beta kurang disarankan karena mengelola banyak versi rilis membutuhkan waktu dan komitmen yang besar. Untuk app yang penting, punya banyak pengguna, apalagi didukung resource SDM yang memadai sebaiknya membuat rilis versi beta untuk agar app lebih baik kualitasnya.

Soal no. 5 - kelas B

 

Pembahasan soal no. 5 - kelas B

Aplikasi yang dibuat Patrik memuat data penting yang sebaiknya dilindungi. App belum memadai kalau belum mengimplementasikan enkripsi data. App sebaiknya juga dilengkapi dengan mekanisme backup, sebagai cadangan ketika ada masalah dengan smartphone, data masih dapat diakses.

Soal no. 5 - kelas E


Pembahasan soal no. 5 - kelas E

Belum, Patrik perlu menjamin aplikasinya aman karena data-data yang disimpan adalah data-data yang penting. Akses antara aplikasi dengan server minimal harus menggunakan HTTPS, akan lebih bagus lagi jika ditambahkan enkripsi data.

 

Comments