Bikin Blog Rame Engga?

Hari ini saya memeriksa menu komentar di blog, ada sejumlah komentar baru yang menunggu untuk dimoderasi. Saya memang sengaja mengaktifkan moderasi komentar agar komentar baru tidak otomatis terbit, saya menyeleksi komentar yang masuk. Kalau ada komentar yang berisi iklan terselubung atau spam kecil kemungkinan saya approve.

Ada sebuah komentar baru yang menarik perhatian saya. Penulis komentar tidak memberikan clue terkait identitasnya, melalui komentar yang ia tulis, dia mengungkapkan rasa penasarannya. Apakah blog yang saya tulis ini ramai pengunjung dan apa motivasi saya menulis di blog ini. Terakhir dia menanyakan apakah aktivitas menulis dan berbagi tutorial yang saya lakukan di blog ini menyenangkan.

Baru pertama kali ini saya mendapatkan pertanyaan seperti itu di blog, biasanya komentar yang masuk lebih sering spam. Melalui postingan ini akan saya jawab rasa penasaran Anda.

Traffic Pengunjung Blog

Saya memantau traffic pengunjung blog ini melalui sejumlah tools : Google Analytics, serta menu Stats bawaan blogger. Kedua tools tersebut menunjukkan angka yang berbeda namun berada pada kisaran yang hampir sama. Di Google Analytics pada hari ini sampai sekitar jam 20.40 saya mendapatkan 176 pengunjung blog. Pengunjung terbanyak pada sekitar jam 10-11 siang, pada jam tersebut bertepatan saya memposting artikel baru. Melalui Google Analytics juga terlihat rata-rata durasi sesi pengunjung web saya 1 menit 29 detik, yang artinya pengunjung hanya sebentar mampir di sini. Konten yang saya buat masih bisa dikatakan belum menarik minat pengunjung sehingga mereka belum mau berlama-lama di sini.

ringkasan laporan pengunjung blog di Google Analytics

Sementara itu ketika saya cek di Statas Blogger, didapatkan hari ini blog saya sudah mendapat 296 kunjungan. Ya betul, ardhi.web.id ini aslinya blog di Blogger yang kemudian saya pasangi domain agar terlihat lebih profesional.

ringkasan laporan pengunjung blog di Stats Blogger

Sebenarnya masih ada satu tool lagi yang saya gunakan, namun tidak saya reveal di sini ya :). Balik lagi, dengan angka views 176-296 tersebut menurut saya blog ini masih di papan bawah klasemen, belum sampai bisa dikatakan medioker. 

Menurut saya saat ini blog tidak sama seperti 10 atau 15 tahun lalu, saat ini memang bisa dikatakan blog menjadi warga kelas dua. Popularitas layanan video membuat vlog lebih diminati. Masa-masa di mana blog menjadi pilihan pertama nampaknya memang saat ini sudah lewat. Kalau sekarang pengen blog rame dan viral, mungkin harus ada drama-drama dan bumbu-bumbu kontroversinya dulu layaknya yang dilakukan para buzzer. Yah tapi apalah arti viral dan rame dengan kontroversi, wis sing penting nek ngeblog kuwi dinikmati.

Motivasi Ngeblog

Saya mulai mengenal blog sejak SMA, yang mana saat itu akses internet masih belum layaknya menjadi kebutuhan primer seperti sekarang. Pada masa itu muncul beberapa blog yang bagus dan terkenal, salah satunya milik Raditya Dika - blog kambingjantan yang sekarang blognya sudah ga ada. Kegemaran saya yang memang cocok dengan media blog yaitu membaca, membuat blog ini nampak menarik bagi saya.

Sampai kemudian saya kuliah, saya membuat blog pertama saya. Sebenarnya saya lupa membuat blog pertama kali itu SMA atau kuliah. Awal mula ardhi.web.id ini ketika saya kuliah. Saya sebelumnya membuat blog di wordpress, dan kemudian juga membuat di layanan Blogger yang sekarang dimiliki oleh Google. Sekitar sekade 2000 - 2010an bisa dibilang adalah masa kejayaan blog, sering sekali blog dibahas setidaknya di dunia kampus tempat saya berkecimpung saat itu. Dan kemudian saya akhirnya mengetahui kalau blogger bisa ditambahkan domain. Saya kemudian membeli domain ardhi.web.id, waktu itu awal-awal domain .id dijual. Saya membeli domain .web.id ini seharga 25 ribu untuk satu tahun, sangat murah dibandingkan harga-harga sekarang. Tujuan saya memasang domain waktu itu salah satunya agar blog yang saya buat terlihat lebih profesional.

Sempat beberapa kali domain ardhi.web.id tidak aktif karena saya tidak memperpanjang, sampai akhirnya sekarang masih ada. Alasan mengapa saya masih aktif menulis, utamanya karena memang hobi. Ini adalah sarana saya untuk mengaktualisasikan diri, menunjukkan eksistensi *halah, dan mendapatkan kepuasan batin. Lewat blog ini saya juga mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Salah satunya adalah sempat bertemu dengan Agus Mulyadi yang sekarang sudah terkenal itu. Dulu dia adalah salah satu kiblat saya dalam dunia blog-blogan.

Berbagi Melalui Blog

Kalau diperhatikan, banyak tulisan saya di blog ini berupa tutorial coding dan dunia IT. Melalui tulisan-tulisan tersebut, saya mencoba untuk berbagi ilmu sekaligus untuk catatan probadi saya apabila suatu saat memerlukan bantuan teknis dalam melakukan coding, kalau ada yang lupa tinggal baca catatannya di blog. Membagikan tutorial di blog ngene iki nek kok takoni cucuk ora mas? Bakal tak jawab ora. Ya, antara effort yang dikeluarkan dengan hasil secara ekonomi kalau dibandingkan sangat njomplang sekali. Oleh karena itu saya menekankan, niat berbagi ilmu ya berbagi ilmu saja, urusan adsense atau apapun itu nomor dua. Insya Allah manfaat ekonomi akan menyusul seiring dengan peningkatan kualitas tulisan dan usaha penulis menspam membagikan tulisannya. Ora bathi duit, yo minimal bathi paseduluran.

Apakah menyenangkan berbagi melalui blog? Untuk saya yang memang hobi dan minat dalam bidang ini, menulis artikel dan membagikan ilmu melalui artikel tersebut di blog adalah hal yang menyenangkan. Saya akan terus menulis artikel baru, semoga artikel-artikel yang saya tulis ini bermanfaat. 

Bagaimana, apakah anda juga berminat untuk menulis di blog? 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo