Seputar Piala Dunia 2022

Pada tahun 2022 ini perhelatan kompetisi sepakbola akbar World Cup atau Piala Dunia akan kembali bergulir. Seluruh mata di dunia akan tertuju ke Qatar yang menjadi tuan rumah dari kompetisi bergengsi tersebut. Menurut berbagai sumber, Piala Dunia 2022 adalah event piala dunia termahal sepanjang sejarah. Qatar menghabiskan lebih dari 220 milyar USD atau lebih dari 3 ribu trilyun rupiah untuk membangun sejumlah infrastruktur guna mendukung event Piala Dunia. 

Venue

Terdapat 8 stadion di 5 kota yang menjadi venue pertandingan. Stadion-stadion tersebut adalah :
1. Stadion Al-Janoub, kota Al-Wakrah (kapasitas 40 ribu penonton)
2. Stadion Al-Thumama, kota Al-Thumama (kapasitas 40 ribu penonton)
3. Stadion 974, kota Doha (kapasitas 40 ribu penonton)
4. Stadion Internasional Khalifa, kota Al Rayyan (kapasitas 40 ribu penonton)
5. Stadion Ahmed bin Ali, kota Al Rayyan (kapasitas 45 ribu penonton)
6. Education City Stadium, kota Al Rayyan (kapasitas 45 ribu penonton)
7. Al-Bayt Stadium, kota Al Khor (kapasitas 60 ribu penonton)
8. Lusail Iconic Stadium, kota Lusail (kapasitas 80 ribu penonton)

Jadwal

Piala Dunia 2022 akan dimulai tidak lama lagi yaitu pada 20 November 2022 yang mempertemukan Ekuador melawan tuan rumah pada pertandingan pembuka, sedangkan babak final akan dilangsungkan pada 18 Desember 2022. 

Peserta

Terdapat 32 negara yang berkompetisi pada seri Piala Dunia tahun ini yaitu :

Grup A
Qatar
Ekuador
Senegal
Belanda

Grup B
Inggris
Iran
Amerika Serikat
Wales

Grup C
Argentina
Arab Saudi
Meksiko
Polandia

Grup D
Prancis
Denmark
Tunisia
Australia

Grup E
Spanyol
Jerman
Jepang
Kosta Rika

Grup F
Belgia
Kanada
Maroko
Kroasia

Grup G
Brasil
Serbia
Swiss
Kamerun

Grup H
Portugal
Ghana
Uruguay
Korea Selatan

Nonton Piala Dunia 2022 di Indonesia

Kabar baik bagi penggemar sepakbola di Indonesia, jam pertandingan Piala Dunia dalam WIB masuk dalam jam prime time mulai dari jam 17.00, 20.00, 22.00. Namun ada pula yang mulai kickoff pada jam 2 dini hari. Sedangkan hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia dipegang oleh EMTEK group yang akan menayangkan seluruh pertandingan melalui layanan Vidio. Kabarnya pertandingan Piala Dunia 2022 juga akan ditayangkan di channel-channel TV EMTEK group untuk sejumlah pertandingan tertentu. 

Publikasi

Sebagai event akbar, menurut saya gaung Piala Dunia tahun ini tidak terasa, cenderung anyep-anyep saja. Mungkin ini akibat sejumlah faktor misalnya masih berlangsungnya liga-liga di negara Eropa hingga sejumlah kontroversi yang menyertai Qatar dalam mempersiapkan infrastruktur sepakbolanya. Anda mungkin belum tahu kalau theme song Piala Dunia 2022 ini sebenarnya sudah rilis, salah satu lagu di antaranya adalah Hayya Hayya (Better Together).

Ya mungkin anda masih terngiang OST Piala Dunia yang Waka Waka e e nya Shakira itu atau bahkan yang lebih lawas lagi Gol gol gol ale ale ale nya Ricky Martin. 

Maskot

Terakhir, event Piala Dunia selalu menghadirkan maskot-maskot lucu yang memeriahkan perhelatan acara. Termasuk di Qatar 2022 ini, terdapat sebuah maskot yang bernama La'eeb. Berbeda dengan maskot-maskot sebelumnya yang sebagian besar bertema binatang. La'eeb ini kalau dilihat mirip seperti ghutra, hiasan kain penutup kepala di Qatar. Namun FIFA tidak memberikan penjelasan resmi mengenai maskot tersebut dan menyerahkan kepada setiap orang untuk menginterpretasikans sendiri. Kalau dilihat-lihat, La'eeb ini juga mirip Casper.

La'eeb, maskot Piala Dunia 2022

Walaupun diwarnai berbagai kontroversi dan kekurangan, semoga saja Piala Dunia 2022 ini nanti manyuguhkan pertandingan-pertandingan menarik. Timnas mana yang jadi jagoan Anda?

update hasil pertandingan World Cup 2022 dapat dilihat di https://www.ardhi.web.id/2022/11/update-hasil-pertandingan-world-cup-2022.html

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo