Opini: Senjata Api Legal? Sebaiknya Jangan Gegabah

Saat sedang scroll linimasa X saya menemukan orang yang berandai-andai senpi dilegalkan dan bisa dibeli masyarakat lewat revisi peraturan yang membatasi kepemilikan senpi.


Begini pengandaiannya menurut akun tersebut


 Lho ga bahaya ta?

Bahaya banget sumpah! Kenapa?
Tahu sendiri kan ada negara yang melegalkan kepemilikan senpi, sebut saja namanya Amrik. Di negeri bonekanya Israhell itu sering banget kita dengar adanya berita penembakan di tempat umum, yang ngeri tu sering terjadi di sekolah. Padahal kita tahu imejnya negeri bule tu penegakan aturan lebih tegas daripada negeri berkembang. Kepemilikan senpi yang bebas justru malah menimbulkan rasa takut akibat adanya orang-orang sakit yang melampiaskan kemarahannya dengan membedil tanpa pandang bulu.

Coba di Indonesia ini, misal sampai senpi diperjualbelikan dengan lebih bebas dengan aturan yang katakanlah sangat ketat. Kita sendiri tahu bagaimana masyarakat dan aparat menyikapi adanya aturan tersebut, ditambah dengan hukum yang baru bisa jalan kalau sudah viral dan itupun jalannya belum dijamin bener. Ditambah dengan ketimpangan, orang berduit punya priviledge dan kekuasaan di depan hukum. Yang terjadi nanti bisa mengarah ke chaos kalau aturan yang membatasi senpi dilonggarkan.

Jadi sebaiknya jangan gegabah.
Kita masih ingin adanya ketenangan tanpa rasa khawatir sewaktu-waktu ada orang orang membedil di tempat umum. Sudah bener itu senpi jangan diperjualbelikan bebas, jangan ngadi-adi. 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java