Tips: Mengurangi Durasi Duduk di Depan Komputer

Pekerjaan sebagai dosen, programmer, mahasiswa, ataupun karyawan kantoran sering memaksa kita duduk terlalu lama di depan komputer. Termasuk saya sendiri tidak bisa lepas dari kondisi tersebut, dan akhir-akhir ini saya merasa sudah terlalu lama duduk di depan komputer. Biasanya saya duduk antara jam 9 hingga 12 siang, kemudian dari jam 1 siang hingga jam 3 sore, lanjut lagi dari jam setengah 4 hingga jam 5 sore. Belum ditambah durasi duduk ketika di rumah. Duduk yang terlalu lama menurut sejumlah referensi tidak baik untuk kesehatan, saya sendiri merasakan beberapa efek di antaranya jadi sering menahan kencing karena merasa nanggung (ini tidak baik ya), dan badan yang terasa pegal setelah duduk terlalu lama.

Saya kemudian mencoba untuk mengurangi durasi duduk yang terlalu lama, caranya dengan membagi waktu duduk ke sejumlah sesi duduk yang lebih singkat, kemudian melakukan gerakan lain di antara sesi duduk tersebut. Pendekatan ini saya adopsi dari teknik pomodoro. Caranya sangat sederhana, saya membuat timer yang akan berjalan selama 15 menit. Selama 15 menit itu saya duduk dan melakukan pekerjaan di depan komputer. Timer ini bisa dibuat dengan stopwatch yang ada di smartphone atau program lain yang bisa kita install di komputer. Selain itu juga terdapat sejumlah tool pomodoro yang bisa diinstall di komputer ataupun sebagai ekstensi browser. Saya sendiri menggunakan command linux seperti ini untuk membuat timer sederhana

sleep 15m && notify-send "TIME OUT" && spd-say 'time is up'

Perintah tersebut akan menampilkan notifikasi di linux dan ada suara 'time is up' yang akan diputar setelah 15 menit sejak perintah tersebut dieksekusi. Setelah durasi 15 menit selesai, saya berdiri sebentar dan melakukan perengangan tubuh selama kurang lebih 5 menit atau melakukan hal lain sambil berdiri. Setelah itu saya lanjutkan duduk 15 menit dan setelah itu ganti posisi dengan berdiri selama 5 menit, demikian seterusnya. Durasi 15 menit duduk dan 5 menit istirahat ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, intinya adalah mengurangi sesi duduk yang langsung lama selama berjam-jam.

Demikian semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo