Upaya Mengurangi Ketergantungan ke Produk IT yang Mendukung Zionisme Israel (2) : Google

Melanjutkan postingan sebelumnya, target saya selanjutnya adalah Goo*le. Jadi seperti perusahaan raksasa IT lainnya, Goo*le ini juga punya kantor dan pekerja dari seluruh dunia termasuk Isra*l. CEO Goo*le pada 17 Oktober 2023 mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan serangan teror*s Hamas ke Isra*l.

pernyataan Sundar Pichai

Sudah cukup untuk memutuskan harus mengurangi ketergantungan terhadap produk Goo*le menurut saya. Ini paling berat karena banyak sekali produk Goo*le yang saya gunakan, namun tidak mengapa karena ini artinya juga peluang untuk eksplore produk lain di luar Goo*le yang patut untuk dicoba.

Mengganti Goo*le Chrome

Web browser Goo*le Chrome menjadi default browser saya selama beberapa tahun terakhir ini. Saat ini saya kembali menjadikan Mozilla Firefox sebagai default web browser saya. Untuk keperluan membuka web yang lebih sederhana, saya menggunakan web browser Falkon yang dikembangkan oleh tim KDE.

Android - Blogger - Gmail(terpaksa) masih Digunakan

Gmail banyak saya gunakan sebagai email utama, demikian juga platform Blogger yang masih saya gunakan. Smartphone saya juga masih pakai Android. Tiga produk ini masih saya gunakan untuk saat ini. Sambil jalan saya coba eksplore alternatif lain, misalnya di Android menggunakan app store alternatif selain Play Store dan menggunakan Vivaldi sebagai default web browser di smartphone. Saya juga berencana mencoba beberapa layanan email alternatif.

Mengganti Search Engine default di Web Browser

Goo*le masih jadi search engine terbaik menurut saya, namun saya mengganti default search engine saya ke duckduckgo. Search engine ini banyak direkomendasikan di penggiat open source karena menawarkan fitur anti tracking ads. Selain duckduckgo kita bisa juga menggunakan Yahoo yang dulu pernah menjadi raja search engine sebelum dikalahkan oleh Goo*le.

Sementara itu dulu list produk Goo*le yang coba saya kurangi penggunaannya. Selain karena isu Palestina - Isra*el, menurut saya juga memang sebaiknya kita tidak terlalu tergantung ke produk dari perusahaan yang menguasai pasar guna memberikan kesempatan untuk menumbuhkan persaingan yang sehat antar perusahaan.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java