Membuat Project Kotlin di IntelliJ Idea

Bahasa pemrograman Kotlin semakin populer, hingga disarankan sebagai bahasa pemrograman utama untuk membuat aplikasi Android native di Android Studio. Oleh karena itu menurut saya sudah saatnya kita mempelajari Kotlin sebagai bekal melakukan development Android app.

Pada tutorial kali ini saya akan membagikan cara membuat project Kotlin. Saya menggunakan IDE IntelliJ IDEA karena dukungan terhadap bahasa pemrograman Kotlin paling bagus di antara IDE lainnya mengingat Kotlin juga dikembangkan oleh JetBrains yang juga mengembangkan IntelliJ IDEA. Untuk membuat project saya menggunakan build tool Gradle agar lebih praktis mengelola dependency dan bisa dibuka di IDE lain yang memiliki support Gradle.

Klik tombol New Project

Pilih Kotlin, Project Template : JVM --> Console Application
Template Console Application ini bisa dipilih untuk membuat program Kotlin sederhana yang tujuannya untuk prototyping atau keperluan testing.
Build System: bisa pilih Gradle Kotlin, atau IntelliJ
Misal ini saya gunakan Gradle Kotlin
Isi Artifact Coordinates
Tulis isi Group ID, Artifact ID, dan Version


Klik Next, selanjutnya ada pilihan untuk mengkonfigurasi test framework saya pilih default JUnit4, lanjutkan klik Finish


Tunggu selesai proses sinkronisasi


Sebagai informasi, ketika menggunakan Gradle diperlukan koneksi internet karena Gradle akan mengunduh beberapa file dan dependency yang diperlukan untuk membuat project.

Di folder src/main/kotlin ada file main.kt yang berisi main fuction

Program bisa dijalankan, untuk menjalankan program klik menu Run --> Run. Hasilnya akan nampak di sisi bawah IntelliJ IDEA


Selanjutnya kita bisa melakukan editing terhadap file main.kt
Akan saya lanjutnkan di postingan berikutnya






Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Deploy CodeIgniter 3 Menggunakan Docker

Physical address dan Logical Address (1)