Kabar dari Malaysia : Air Minum

Sebagai kebutuhan pokok sehari-hari, air minum sangat vital keberadaannya dan wajib ada setiap hari. Kalau di Indonesia kita sering memenuhi kebutuhan air minum dengan membeli air minum dalam kemasan atau air galon bermerk, selain itu juga terdapat penyedia air minum isi ulang yang harganya lebih terjangkau, sedangkan di pedesaan masih sering ditemui penduduk merebus air sumur sebagai sumber utama air minum. Nah bagaimana kondisinya kalau di negeri jiran?

Sama seperti di Indonesia, di Malaysia kita dapat dengan mudah menemukan air minum dalam kemasan atau kalau orang Malaysia menyebutnya sebagai air minuman atau air mineral semulajadi.


Air mineral semulajadi ini harganya cukup bervariasi, kemasan 600 ml ada yang menjual di harga 1.4 ringgit (sekitar Rp 4.700), sementara itu pada saat masa promo tertentu saya pernah mendapatkan kemasan 1,5 liter harganya hanya 90 sen (sekitar Rp 3.000). Untuk yang kemasan galon juga tersedia, ukuran yang umum di sini adalah 5,5 liter dan 9,5 liter. Kemasan 5,5 liter harganya di kisaran 15 sampai 18 ringgit (50 sampai 60 ribu rupiah). Saya di sini belum pernah menemukan galon air minum ukuran 19 liter seperti yang umum dipakai di Indonesia, mungkin ada juga yang jual tapi saya belum pernah melihat. Kalau dibandingkan dengan harga air minum kemasan di Indonesia, terasa lebih mahal memang.

Alternatif lain, bawa galon sendiri kemudian beli air minum isi ulang. Hmm, nampak familiar ya seperti di negara kita, eh tapi beda nih. bedanya di Malaysia tu swalayan. Pembeli air minum isi ulang tidak dilayani di warung air minum isi ulang, pembelian air dilakukan secara mandiri melalui mesin. Mesinnya tu kayak gini


Saya belum pernah membeli air minum isi ulang via mesin seperti ini, harganya berapa saya belum tahu. Kebutuhan air minum saya lebih banyak dipenuhi lewat cara "termurah" yaitu air kran. Hah ga salah mase? Iya itu betul, saya minum air kran tapi tidak langsung mas bro, maksudnya air kran yang sudah masuk filter / purifier.

Ini adalah cara mendapatkan air minum yang menurut saya paling murah, yaitu melalui air kran yang sudah diproses melalui alat filter. Eh ya jadinya ga murah dong karena harus beli alatnya dulu? Ya memang sih, tapi ini karena saya tidak beli alatnya jadinya murah. Kok bisa mase? Jadi di Malaysia itu sangat umum ditemui alat water filter / water purifier seperti ini


Alat tersebut sering dipasang di tempat umum seperti masjid dan di kampus, sumber airnya berasal dari kran perusahaan air minum. Sebagai mahasiswa di perantauan saya sangat terbantu dengan adanya alat tersebut, ketika mampir di kampus atau di masjid tinggal isi ulang botol air minum yang selalu saya bawa. Bisa saya rasakan kualitas air kran di sini sangat bagus, ditambah dengan penyaringan melalui water purifier menjadikan airnya sangat layak diminum. Kalau di Indonesia alat ini tidak populer ya, ada yang pakai tapi tidak masif penggunaannya, salah satu sebabnya mungkin karena tidak semua daerah kualitas air krannya bagus jadi masih ragu dengan penggunaan water purifier ini dan sangat bergantung ke air minum kemasan. Ini capres 2024 atau partai-partai ga ada yang mau memperjuangkan supaya air kran di Indonesia layak minum kah?

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java