Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Belajar OOP di Python : Membuat Class Sederhana

diupdate 2 Februari 2021

Python merupakan bahasa pemrograman yang dikenal memiliki banyak dukungan library, penggunaannya sangat luas mulai dari untuk belajar pemrograman sederhana, pengolahan bahasa natural, data science, pengolahan big data, hingga pembuatan aplikasi web based.

Python juga mendukung paradigma OOP. Pembuatan sebuah class sederhana di Python dapat dilakukan dengan menuliskan keyword class diikuti dengan nama classnya, seperti berikut ini

class MyFirstClass:
    pass

Keyword pass pada baris kedua tersebut digunakan untuk menyatakan bahwa tidak ada action lain yang dilakukan, kita hanya membuat definisi class tanpa adanya atribut dan method.

Class yang sudah dibuat dapat digunakan untuk membuat object, caranya dengan membuat variabel yang diassign ke class tersebut. Berikut ini adalah contoh eksekusi codenya menggunakan Python interactive mode. Python interactive mode dapat diakses melalui terminal Ubuntu dan ketik python3 lalu klik ENTER

Menambahkan Atribut

Atribut dapat ditambahkan ke dalam class menggunakan dot notation (tanda titik setelah nama object), misalnya kita buat class Point

class Point:
	pass
Kemudian buat object dari class Point tersebut
p1 = Point()
p2 = Point()
Misal kita tambahkan atribut x dan y ke object p1 dan p2
p1.x = 5
p1.y = 4

p2.x = 3
p2.y = 6
Untuk melihat hasilnya dapat dilakukan print
print(p1.x, p1.y)
print(p2.x, p2.y)

Hasilnya setelah dijalankan di interactive mode adalah sebagai berikut

Menggunakan File

Selain interactive mode, kita bisa juga menyimpan source code program Python ke dalam sebuah file. Misal class Point dari source code sebelumnya bisa kita masukkan ke dalam file Point.py

# file Point.py
class Point:
    pass
p1 = Point()
p2 = Point()
p1.x = 5
p1.y = 4
p2.x = 3
p2.y = 6
print(p1.x, p1.y)
print(p2.x, p2.y)
Kemudian file tersebut dapat dieksekusi (saya menggunakan Ubuntu 20.04) dengan mengetikkan perintah
python3 Point.py
melalui terminal

Comments