Pembahasan UAS Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak

Soal no. 1 Pembahasan soal no. 1 Mendistribusikan aplikasi yang dibuat orang lain memiliki resiko yang besar terhadap akun Google Play yang kita miliki. Aplikasi yang dibuat orang lain bisa saja memuat malware ataupun konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Google, apabila hal tersebut ada di aplikasi yang diminta untuk kita upload, akun Google Play yang kita miliki dapat dibanned oleh Google. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan akun Google Play developer untuk mengupload aplikasi yang dibuat oleh orang lain tanpa memastikan source code dan konten yang ada di dalamnya. Apabila tetap ingin mengunggah aplikasi yang dibuat oleh orang lain sebaiknya gunakan akun baru yang terpisah dari akun yang biasa kita gunakan. Soal no. 2 Pembahasan soal no. 2 Tracking aktivitas user di smartphone lazim digunakan untuk menghadirkan iklan yang terpersonalisasi, atau iklan yang sesuai dengan preferensi user. Hal ini akan meningkatkan peluang sebuah iklan diklik oleh user karena mem

Hosting Aplikasi Android

Kemarin ada pesan di message FB saya yang masuk begini

Bayar hosting dan domain aplikasi android ke siapa kak?

Hmm, jadi begini sekaligus saya menjelaskan untuk teman-teman yang belum paham. Aplikasi Android itu tidak sama seperti web-based app yang memerlukan hosting dan domain. App Android adalah local app yang jalan di perangkat smartphone (ada pula yang menggunakan beberapa komponen online). Agar aplikasi Android yang kita buat dapat diunduh dan dijalankan di perangkat smartphone yang lain kita dapat mengunggahnya ke sebuah layanan "pasar aplikasi". Salah satu layanan pasar aplikasi adalah Google Play Store, ini adalah marketplace app resmi yang disediakan oleh Google.

Bagaimana caranya mengunggah aplikasi ke Google Play Store?
Kita harus membuat account dulu di
Google Play Console https://play.google.com/console. Selanjutnya lakukan pembayaran sebesar USD 25 menggunakan kartu kredit. Apabila tidak ada kartu kredit kita bisa menggunakan VCC (virtual credit card), beberapa bank di Indonesia menyediakan layanan untuk membuat VCC. Saya juga menggunakan metode VCC ini untuk melakukan pembayaran bagi account Google Play Console saya. Pembayaran ini cukup dilakukan 1 kali, tidak ada biaya tahunan yang harus kita bayarkan. Selanjutnya kita dapat mengupload aplikasi Android yang kita buat ke Play Store. 

Demikian semoga dapat memberikan gambaran, langkah-langkah yang lebih detail mungkin akan saya post di kesempatan yang lain.

Comments