Jaringan Seluler

Menggunakan perangkat handphone atau smartphone, kita terhubung dengan jaringan seluler yang disediakan oleh provider. Ada banyak provider seluler di Indonesia misalnya Indotas, Temkoles, dan Smartparent *) nama provider diparodikan. Namun tahukah kalian mengapa disebut sebagai jaringan seluler (cellular networks)?

Ternyata nama jaringan seluler ini berasal dari penggambaran bentuk wilayah yang dilayani oleh jaringan seluler. Seperti yang terlihat pada gambar, sebuah wilayah dibagi menjadi sejumlah area yang lebih kecil yang nampak seperti sel-sel makhluk hidup yang saling berdampingan. Setiap sel menggambarkan area yang dijangkau oleh menara pemancar sinyal (VTS) yang ditunjukkan oleh titik di tengah sel.

Pada jaringan seluler dimungkinkan penggunaan spektrum radio secara efisien. Gelombang carrier dapat menggunakan kumpulan frekuensi yang sama tanpa mengalami interferensi. Misalnya pada gambar, A, B, C, D, E, dan F menggunakan channel yang berbeda. Namun channel A1 dan A2 sama, demikian pula D1 dan D2. Pola ini dapat diulang-ulang sehingga didapatkan jumlah menara pemancar dengan power yang lebih kecil dan spektrum radio yang lebih sedikit untuk melayani pengguna dalam jumlah yang sama. Setiap pengguna yang berpindah dari satu sel ke sel yang lain, mobile switching center akan mengatur pergantian infrastruktur pemancar yang melayani pengguna tersebut.

Referensi
https://www.theatlantic.com/technology/archive/2011/09/how-the-cellular-phone-got-its-name/245173/

Sumber lain menyebutkan, jaringan seluler pada dasarnya adalah penggunaan sejumlah low-power transmitter (ukuran 100 W atau di bawahnya). Karena jangkauan dari low-power transmitter cukup kecil, sebuah area dapat dibagi menjadi sejumlah sel yang mana setiap sel akan dilayani oleh sebuah transmitter. Masing-masing sel dialokasikan sebuah band frekuensi dan dilayain oleh suatu base station yang terdiri atas trasmitter, receiver, dan control unit. Sel-sel yang saling berdekatan diberikan frekuensi sinyal yang berbeda-beda untuk mencegah interferensi. Sedangkan sel-sel yang letaknya berjauhan dapat menggunakan frekuensi yang sama.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo