Hosting Aplikasi Android

Kemarin ada pesan di message FB saya yang masuk begini

Bayar hosting dan domain aplikasi android ke siapa kak?

Hmm, jadi begini sekaligus saya menjelaskan untuk teman-teman yang belum paham. Aplikasi Android itu tidak sama seperti web-based app yang memerlukan hosting dan domain. App Android adalah local app yang jalan di perangkat smartphone (ada pula yang menggunakan beberapa komponen online). Agar aplikasi Android yang kita buat dapat diunduh dan dijalankan di perangkat smartphone yang lain kita dapat mengunggahnya ke sebuah layanan "pasar aplikasi". Salah satu layanan pasar aplikasi adalah Google Play Store, ini adalah marketplace app resmi yang disediakan oleh Google.

Bagaimana caranya mengunggah aplikasi ke Google Play Store?
Kita harus membuat account dulu di
Google Play Console https://play.google.com/console. Selanjutnya lakukan pembayaran sebesar USD 25 menggunakan kartu kredit. Apabila tidak ada kartu kredit kita bisa menggunakan VCC (virtual credit card), beberapa bank di Indonesia menyediakan layanan untuk membuat VCC. Saya juga menggunakan metode VCC ini untuk melakukan pembayaran bagi account Google Play Console saya. Pembayaran ini cukup dilakukan 1 kali, tidak ada biaya tahunan yang harus kita bayarkan. Selanjutnya kita dapat mengupload aplikasi Android yang kita buat ke Play Store. 

Demikian semoga dapat memberikan gambaran, langkah-langkah yang lebih detail mungkin akan saya post di kesempatan yang lain.

Comments

  1. kalau aplikasi yang kita buat memang berbasis online bagaimana? seperti aplikasi chat atau sejenisnya? apakah perlu hosting ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, kita perlu server untuk hosting aplikasi di sisi backendnya

      Delete
  2. Kalo aplikasi seperti lagu atau music apakah perlu hosting juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul, untuk menyimpan file lagu nya, kecuali lagu disimpan di storage smartphone

      Delete
  3. Kalo Aplikasi android yg di share hosting apakah cukup renew share hosting nya saya atau berikut domain nya? Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Inheritance (Pewarisan) di Java

Contoh Penerapan Interface di Pemrograman Java

Review Singkat Pilihan Transportasi Umum Rute Solo - Wonosobo